Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB ORDER COSTHING (STUDI KASUS PADA JUAN PRABU FURNITURE DI PRABUMULIH)

Kemas Welly Angga Permana (Universitas Sjakhyakirti Palembang)
Mahdi Hendrich (Universitas Sjakhyakirti Palembang)
Sri Winarni (Politeknik Darussalam)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk meganalisis laporan pencatatan keuangan di Usaha Juan Prabu Futniture. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan berupa nota pengeluran dan pemasukan kas. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu serangkaian analisis yang diperoleh dari perusahaan yang terkait dan digunakan sebagai alat untuk memperbaiki laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pencatatan pelaporan keuangan di Juan Praby Futniture belum mampu memenuhi syarat. Maka dari itu perlu nya digunakan pencatatan menggunakan metode Pencatatan harga pokok produksi (HPP) agar tidak terjadi perselisihan pelaporan keuangan setiap bulan nya. Masalah yang sangat utama dalam pengembangan usaha kecil menegah (UKM) yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut. Pengelolaan yang cukup baik untuk memerlukan keterampilan akuntansi yang baik oleh pelaku bisnis usaha kecil menengah (UKM), dengan adanya laporan keuangan akan memungkinkan pemilik memperoleh data dan informasi yang tersusun secara teratur, dikarenakan akuntansi mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi keberhasilan usaha. Termasuk bagi usaha mikro kecil dan menegah. Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan dapat menjadi modal dasar untuk usaha kecil menengah (UKM) dalam pengambilan keputusan untuk pengelolaan keuangan dalam usaha tersebut, untuk mencatat segala keseluruhan aktivitas yang berhubungan dengan proses administrasi dana keuangan yang terjadi kedalam suatu sistem.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ILMIAH AKUNTANSI RAHMANIYAH (JIAR) diterbitkan oleh STIE Rahmaniyah Sekayu. Tujuan penerbitan adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada para mahasiswa, akademisi dan praktisi yang tertarik pada bidang ...