cover
Contact Name
CANDRA ROMANDA
Contact Email
romanda1976@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
romanda1976@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merdeka No. 531 Kel. Balai Agung Kec. Sekayu Kab. Muba Sumsel
Location
Kab. banyuasin,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah
Published by STIE Rahmaniyah Sekayu
ISSN : -     EISSN : 26206110     DOI : https://doi.org/10.51877/JIAR
Core Subject : Economy,
JURNAL ILMIAH AKUNTANSI RAHMANIYAH (JIAR) diterbitkan oleh STIE Rahmaniyah Sekayu. Tujuan penerbitan adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada para mahasiswa, akademisi dan praktisi yang tertarik pada bidang akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
ANALISIS DAMPAK PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN Jumania Septariani
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.296 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i1.61

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak penerapan akuntansi berbasis akrual terhadap pelaporan keuangan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual memiliki dampak dalam penyajian laporan keuangan BPKAD. Salah satunya perubahan komponen laporan keuangan yang sebelumnya tidak dijelaskan secara rinci menjadi lebih rinci sehingga lebih mudah dipahami dan diterima oleh pengguna, lebih akuntabel serta lebih relevan, meskipun masih ada kendala dalam mengkonversikan komponen tersebut sehingga terjadi keterlambatan waktu penyampaian laporan keuangan. BPKAD sebaiknya mengadakan pelatihan tentang pengelolaan SIMDA Keuangan bagi pegawai dan operator SIMDA setiap OPD serta menyeleksi pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya agar lebih mempermudah penyajian laporan keuangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 63 Tahun 201
PENERAPAN PERATURAN PERPAJAKAN NOMOR 46 TAHUN 2013 DALAM PENENTUAN EFEKTIVITAS, KONTRIBUSI, LAJU PERTUMBUHAN PENERIMAAN PAJAK UMKM TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PPh PASAL 4 AYAT 2 PADA KPP PRATAMA SEKAYU Hj. Endang
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.435 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.34

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan PP Nomor 46 tahun 2013 dalam penentuan efektivitas, Kontribusi, laju pertumbuhan penerimaan pajak UMKM terhadap Penerimaan Pajak PPh Pasal 4 Ayat 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder berupa data penerimaan pajak UMKM dengan cara dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan pajak UMKM berdasarkan PP No. 46 tahun 2013 dan kontribusi terhadap PPh pasal 4 ayat 2 pada KPP Pratama Sekayu masih cenderung kurang efektif dan kurang berkontribusi, namun laju pertumbuhan penerimaan yang tidak sebanding dengan jumlah wajib pajak yang membayar pajak yang masih sedikit. Secara garis besar permasalahannya dipengaruhi oleh tingkat kepatuhan dan atau persepsi wajib pajak yang masih rendah, kurang maskimalnya pelayanan yang diberikan serta kurangnya kuantitas pegawai KPP Pratama Sekayu. Upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak KPP Pratama Sekayu dalam mengoptimalkan penerimaan pajak UMKM adalah dengan mengadakan sosialisasi, promosi, rnendatangi wajib pajak secara langsung, menumbuhkan kesadaran wajib pajak untuk datang ke KPP Pratarna Sekayu dan mengadakan kegiatan ekstern yang dapat mengajak dan menjaring wajib pajak baru.
PENGARUH AUDIT DELAY, OPINI AUDIT, DAN AUDIT TENURE TERHADAP PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2015 Muhammad Luthfi; Dian Apita Sari
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.328 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i2.81

Abstract

This reserach aims to analyze the influence of Audit Delay, Opin Audit and Audit Tenure on changes to Public Accounting Firm (KAP) in Indonesia. Some previous research on the change of KAP looks different results.Therefore, another study was conducted to re-examine the theory of the change of KAP.Data collection method used in this research is purposive sampling, that is sample collection method based on the criteria of the research objectives. Pursuant to purposive sampling method, total sample obtained in this research is 240 samples from manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) during period 2010-2015. Hypothesis testing in this study was done by using logistic regression method (logistic regression) in the application of SPSS 22 program.The result of the research shows that audit opinion influences significantly to the change of KAP whereas, audit delay and audit tenure does not significantly influence the change of KAP.
ANALISIS DAMPAK PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUALTERHADAP PELAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus :Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab.Musi Banyuasin) Ahmad Irfansyah
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.18 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i1.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penerapan akuntansi berbasis akrual terhadap laporan keuangan. Dimana dalam penelitian ini akan melihat perubahan penyajian laporan keuangan sebelum dan sesudah penerapan akuntansi berbasis akrual dengan mengambil studi kasus pada Badan pengelola Keuangandan Aset Daerah Kabupaten Musi Banyuasian Dampak penerapan akuntansi berbasis akrual dalam penyajian laporan keuangan BPKAD terlihat dari perubahan pada pos pendapatan diakui pada saat terjadinya transaksi sehingga informasi yang diberikan lebih handal dan relevan. Beban diakui pada saat timbulnya kewajiban, terjadinya konsumsi aset, atau terjadinya penurunan manfaat ekonomi atau potensi jasa, sedangkan belanja diakui berdasarkan terjadinya pengeluaran dari Rekening Kas Umum Daerah melalui bendahara pengeluaran.
EFEKTIVITAS PENAGIHAN TUNGGAKAN PAJAK PENGHASILAN DENGAN SURAT PAKSA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK PADA KPP PRATAMA SEKAYU Farida Aryani
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.58 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.35

Abstract

A claim of tax arrears with compelling notice is a claim conducted by a state tax bailiff. This research has the purpose to know the effectiveness of tax arrears claim with compelling notice and the contribution of tax arrears claim with the compelling notice to the income tax acceptance of KPP Pratama Sekayu. This is a quantitative descriptive using effectiveness ratio calculating and contribution. This research uses secondary data in the form of the reports of tax arrears claim, income tax acceptance and the amount of tax payer from 2013 to 2017. The result of this research shows that tax arrears claim with compelling notice from 2013 to 2017 is not effective due to the fact that the ratio is less than 80%. That is only around 62,37% to 79,59%. Hence forth the contribution of tax arrears claim with compelling notice to the realization of tax acceptance at KPP Pratama Sekayu is considered very low due the fact that it’s contribution is less than 105, it is only around 0,38% - ).89%. The low contribution shows that the target of tax arrears with compelling notice is very low.
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR JENIS ALAT BERAT PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH UPTB KABUPATEN MUSI BANYUASIN I Masri Ermawijaya
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.956 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerimaan pajak alat berat dalam meningkatkan pendapatan pajak daerah pada Badan Pendapatan Daerah UPTB Kabupaten Musi Banyuasin I. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis rasio efektivitas dan kontribusi. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data dari hasil wawancara. Data sekunder adalah data tentang target dan realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor jenis alat berat pada Badan Pendapatan Daerah UPTB Kabupaten Musi Banyuasin I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan pajak alat berat dari Tahun 2014 sampai 2018 berada dalam kriteria cukup efektif dengan rata-rata rasio sebesar 89,81% (standar : 80-90%). permaslahannya kurangnya sosialisasi dan sanksi/denda yang kurang tegas terhadap wajib pajak. Kontribusi penerimaan pajak alat berat dari Tahun 2014 sampai 2018 mengalami fluktuasi, dimana Rasio kontribusi pajak alat berat terhadap pajak daerah tingkat I pada Tahun 2014 sampai dengn 2018 dengan rata-rata sebesar 0,04% atau kurang dari 10% dengan kriteria kurang. Hal ini disebabkan masih rendahnya pemahaman wajib pajak tentang pengenaan pajak alat berat serta rumitnya pengurusan administrasi pembayaran pajak sehingga membuat wajib pajak tidak melakukan pembayaran. Langkah yang diambil adalah sosialisasi yang merata ke masayarakat, kemudahan administrasi dan tindakan yang tegas perlu diterapkan.
ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN ASPEK PERMODALAN KOPERASI Deswati Supra
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.792 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i1.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian tingkat kesehatan koperasi ditinjau dari aspek permodalan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan koperasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rasio. Penelitian ini menemukan bahwatingkat kesehatan permodalan koperasi berdasarkan rasio modal sendiri terhadap total asset dalam kategori buruk, rasio modal sendiri terhadap pinjaman diberikan yang beresiko katagori baik, dan rasio kecukupan modal sendiri pada kategori baik.
ANALISIS PERHITUNGAN BIAYA OVERHEAD PABRIK PADA MEUBEL SUWITO Deswati Supra; Amilah Rustiana
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.706 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.36

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan biaya overhead pabrik pada Meubel Suwito Sekayu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh perhitungan menurut Meubel Suwito biaya overhead pabrik untuk lemari pakaian 2 pintu yaitu sebesar Rp. 85.450.042, untuk lemari pakaian 3 pintu sebesar Rp. 88.177.171, untuk lemari pakaian 4 pintu sebesar Rp. 94.540.472, untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 35.452.677, dan untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 35.452.677. Biaya overhead pabrik tahun 2017 menggunakan Activity-Based Costing System untuk lemari pakaian 2 pintu yaitu sebesar Rp. 78.534.098, untuk lemari pakaian 3 pintu sebesar Rp. 81.731.483, untuk lemari pakaian 4 pintu sebesar Rp. 88.211.190, untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 45.298.039, dan untuk Tempat tidur kelas 1 sebesar Rp. 45.298.039.Biaya overhead pabrik berdasarkan metode activity-based costing system memberikan hasil yang lebih kecil untuk produk lemari pakaian, sedangkan produk tempat tidur memberikan hasil yang lebih besar.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN Deswati Supra
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.159 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v2i2.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SAK-ETAP dalam penyajian laporan keuangan CV. Sukat Perkebunan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa CV. Sukat Perkebunan belum menerapkan dengan baik dan benar Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK­ETAP).
AUDIT PIUTANG PELANGGAN LISTRIK YANG DIKELOLA BUMD KABUPATEN MUSI BANYUASIN Irsan Irsan
Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (JIAR)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.596 KB) | DOI: 10.51877/jiar.v1i2.31

Abstract

Piutang usaha yang dapat dirubah bentuknya menjadi dana segar (fresh money) akan memberikan kontribusi yang besar terhadap performa kas sehingga operasional perusahaan dapat berjalan lancar. Di saat adanya ketimpangan dan ketidakwajaran maka diperlukan audit/pemeriksaan oleh pihak yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah struktur pengendalian piutang pelanggan di PT. Muba Electric Power sudah berjalan dengan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMD bidang ketenagalistrikan yang dikelola oleh PT. Muba Electric Power tersebut belum melakukan pengendalian piutang pelanggan dengan baik dimana perusahaan tidak melaksanakan pengawasan terhadap aktivitas staf bagian Administrasi Pelanggan atas pemasangan sambungan baru dan tambah daya. Perusahaan tidak nencatat jurnal pengakuan piutang denda keterlambatan, serta tidak memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) Piutang Pelanggan. Dari segi mitra kerja, pencatat meter (cater) selain menyerahkan rekap hasil pencatatan meter tidak melaporkan secara tertulis kejadian-kejadian di lapangan seperti adanya KWH meter yang sudah dicabut atau ada pelanggan yang minta KWH meternya dicabut karena tidak mau bayar. Penagih Rekening tidak membuat perincian tertulis jumlah uang yang disetor ke rekening bank PT. MEP berapa jumlah tagihan yang diterima dan terdiri tagihan dari bulan berjalan atau tunggakan bulan sebelumnya, serta berapa jumlah denda yang diterima. Sehingga adanya perbedaan data laporan piutang pelanggan per 31 Desember 2015 antara bagian akuntansi dengan bagian niaga tanpa bisa dijelaskan. Akumulasi piutang pelanggan tahun 2011 sampai dengan 2015 pun tersisa masih sangat tinggi yaitu sebesar 15,97 milyar rupiah.