Menguasai tatabahasa bagi guru bahasa Inggris sangat penting sebagai salah satu sumber ilmu bagi siswa disekolah.. Hal ini dikarenakan dalam semua kompetensi dasar dalam Kurikulum pembelajaran bahasa Inggris baik tingkat SMP maupun SMA menuntut agar mahasiswa mampu untuk menerapkan komponen-komponen bahasa inggris salah satunnya tatabahasa secara tepat dan akurat baik itu dalam melaksanakan monolog, dialog, maupun menulis sebuah percakapan maupun teks. Namun kenyataannya guru di kota Palu, khususnya guru bahasa Inggris, masih kurang menguasai tatabahasa Inggris khususnya penguasaan analisis kalimat yang berhubungan dengan konstruksi kalimat dan anak kalimat. Oleh sebab itu perlu adanya pendampingan terhadap guru bahasa Inggris di Yayasan Perguruan Muhammadiyah Kota Palu dalam menganalisis kalimat berbahasa Inggris. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris khususnya kemampuan konstruksi kalimat dan anak kalimat bagi guru bahasa Inggris (SMP dan SMA) di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota Palu, selain itu pendampingan ini juga bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam analisis kalimat. Kegiatan pendampingan ini dirancang dengan menetapkan beberapa pendekatan atau metode yang mencakup: 1) Presentasi; 2) Kerja Tim; dan 3) Diskusi dan Refleksi. Adapun hasil setelah melaksanakan pendampingan ini adalah adanya peningkatan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris guru bahasa Inggris SLTP dan SLTA di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota. Ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor test yang yang diberikan sebelum dan setelah pendampingan.
Copyrights © 2023