JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE
Vol 5, No 1 (2019): April 2019

PERANCANGAN APLIKASI REALTIME UNTUK KONVERSI MATA UANG ASING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN OPEN EXCHANGE RATES APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API)

Faisal Tifta Zany (Unknown)
Zuhar Musliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berkembang sangat pesat, salah satunya smartphone berbasisandroid. Android adalah sistem operasi untuk perangkat seluler berbasis Linux. Seiring dengan perkembangan tersebut dapat dimaksudkan untuk mencapai hasil yang lebih baik, informasi yang efisien d an efektif kepada pengguna.Penggunaan smartphone sebagai penerima informasi sangat membantu pengguna, namun memiliki kekuranganinformasi kurs saat ini karena tidak semua aplikasi Android seperti yang digunakan untuk konversi mata uang tidak menggunakan data kurs realtime, tidak dilengkapi dengan data mata uang kripto, dan juga tidak dapat mengkonversisemua mata uang. Sehingga menyulitkan pengguna untuk mendapatkan informasi kurs terbaru. Saat ini sudah adabeberapa metode yang digunakan untuk konversi mata uang asing, antara lain menggunakan metode perhitungan yang terhubung dengan klikbca.com sebagai web service dan menggunakan proses fetching dari website Yahoo Finance.Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan dalam hal API yangdigunakan karena hanya dapat dikonversi ke Rupiah. Proses pengambilan data menggunakan API pada web service sangat rentan apabila menggunakan API yang tidak akurat, berpotensi menjadi masalah karena data yang dihasilkantidak realtime. Selain itu, pada penelitian sebelumnya aplikasi dapat mengkonversi 5-21 jenis mata uang saja, tidakmemiliki fitur hasil konversi semua mata uang dan tidak dilengkapi dengan crypto currency. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi konversi mata uang Realtime berbasis Android menggunakan Open Exchange RatesAPI dengan format kurs JSON. JSON berkomunikasi melalui API, dengan tujuan untuk menghubungkan aplikasimobile ke database yang ada di server. Keluaran yang dihasilkan oleh API adalah data konv ersi mata uang dalam format JSON dalam bentuk App ID dari nilai tukar terbuka layanan web. Hasil dari penelitian ini adalah sebuahaplikasi konversi mata uang secara realtime untuk konversi 161 mata uang asing dan 12 mata uang kripto terhadapDollar. Hasil pengujian melalui respon pengguna adalah 82,6%, responden menyatakan aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan mudah digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Computer Science (JICS) is the official publication of the Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). The journal is open to submission from scholars and experts in the wide areas of : 1. Pure Research Information system development methodology Data warehouse ...