Jurnal Bangun Manajemen
Vol. 1 No. 2: November 2022

PENGARUH FASILITAS KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Gidion Erlonda Alnabe (Universitas Timor)
Aplonia Pala (Universitas Timor)
Anita Lassa (Universitas Timor)
Alfrido Naiheli (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja dan pelatihan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didalamnya memuat indikator dari variabel fasilitas kerja, pelatihan dan kinerja. Kuisioner disebarkan kepada 24 responden yang merupakan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS)/analisis regresi parsial. Dalam pengujian hipotesis penelitian menggunakan bantuan Smart-PLS. Penentuan hipotesis menggunakan t-statistik. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya fasilitas kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Keadaan ini dapat terjadi karena dengan tersedianya fasilitas kerja yang memadai maka pegawai berpandangan bahwa tidak perlu melalukan usaha ekstra untuk mengerjakan dan menyelesaikan tanggung jawab individu Hasil berbeda ditunjukan oleh variabel pelatihan, dimana pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Melalui pelatihan pegawai memperoleh kesempatan untuk memperoleh pengetahuan terkait hal-hal baru yang mendukung pelaksanaan kegiatan organisasi Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian selanjutnya dapat mengkaji tentang dampak variabel kepuasan kerja dan gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan. Hal ini dikarenakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan satu-satunya instansi yang memberikan pelayanan administrasi kependudukan sehingga perlu dilakukan kajian-kajian khusus terkait masalah-masalah kualitas pelayanan publik. Kata Kunci : Fasilitas kerja; Pelatihan; Kinerja Pegawai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Manajemen is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research. E-ISSN: 2830-1862 and SK: 0005.28301862/K.4/SK.ISSN/2022.06. Jurnal Manajemen invites manuscripts in the various topics include, but are not limited to: Finance and Banking ...