Inverted
Vol 3, No 1: Januari 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Mohamad Afwan Kobi (Universitas Negeri Gorontalo)
Moh. Hidayat Koniyo (Unknown)
Rampi Yusuf (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Dasar desain Grafis adalah salah satu mata pelajaran wajib paket keahlian bagi siswa SMK pada jurusan Multimedia. Mata pelajaran Desain Grafis ini lebih mengarah kepada praktikum berbasis kompetensi yang bertujuan untuk membekali keterampilan siswa dalam bidang desain grafis sehingga siswa memiliki keterampilan yang kuat dengan landasan teori yang realistis. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada saat PPL di SMK Negeri 1 Gorontalo, didapati bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis khususnya pengenalan tools-tools coreldraw masih belum digunakan secara maksimal. Selain itu belum adanya media pembelajaran yang menunjang atau memfasilitasi guru dalam menyampaikan materi. Guru hanya menggunakan power point dan buku cetak sebagai media belajar di kelas.Tujuan dari penelitian ini yakni Untuk mengembangkann media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (RD) yang mengacu pada desain pengembangan model Hanaffin and peck. Pada hasil pengembangan media pembelajaran game edukasi ini diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada siswa. Hasil penilaian dari 2 ahli materi memperoleh skor rata-rata 48,5 (Sangat Layak), dan hasil penilaian dari 2 orang ahli media memperoleh skor rata-rata 63 (Sangat Layak). Hasil penilaian tanggapan siswa terhadap media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 68,07 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh, Media Pembelajaran Game Edukasi materi Pengenalan Tool-Tools Coreldraw pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di nyatakan layak untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...