Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP)
Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding SNIP Vol.1 No.1

Penyiapan lokasi pemboran migas di remote area dengan karakteristik lingkungan rawa pasang surut (study case: Lokasi pemboran migas PAD-X Sembakung, Kalimantan Utara)

I Gede Ananta Wijaya (PT. Tiga Inti Pilar cc PT. Pertamina EP, Gedung Grha Bintang Lt.4, Balikpapan, Kalimantan Timur, 76114)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2022

Abstract

PT. Pertamina EP berencana meningkatkan kapasitas produksi di Field Tarakan dengan melakukan penambahan sumur produksi migas tepatnya pada area WKP Sembakung, Area PAD-X, Kalimantan Utara, Indonesia. Area Sembakung merupakan wilayah remote dan lokasi PAD-X ini berada di area dengan karakteristik lingkungan rawa pasang surut serta terisolir dari akses jalan utama. Poster ini bertujuan untuk menjabarkan perihal metode yang dilakukan untuk mensiasati segala tantangan dalam proses penyiapan jalan akses masuk dan lokasi pemboran sehingga dapat menunjang kegiatan operasional produksi perusahaan serta memenuhi standar keamanan (safety) dengan daya tahan (durability) hasil pekerjaan yang baik dalam waktu yang relatif singkat.

Copyrights © 2021