Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Pendekatan Aural-Oral Approach Dalam Keterampilan Berbahasa Arab

Fitri Fitri Nurkholis Nurkholis (Iain Syekh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)
Ela Isnani Munawwaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sosial dan kebudayaan masyarakat. Seiring dengan perkembangan itu, ditemukan berbagai kesulitan dalam memepelajarinya khususnya dalam hal penuturan atau berbicara menggunakan bahasa Arab. Salah satu metode atau pendekatan yang bisa diterapkan dalam meningkat keterampilan berbicara yakni pendekatan Aural Oral Approach. Pentingnya mengkaji mengenai ini adalah agar kita bisa memahami pendekatan yang seperti apa yang efektif kita terapkan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya keterampilan berbicara. Pendekatan Aural Oral Approach atau lazim disebut pendekatan Mendengar-Mengucapkan merupakan pendekatan pembelajaran bahasa arab yang tidak hanya menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan proses mempelajari bahasa, tetapi juga memberikan pertimbangan antara kemahiran menyimak, bercakap cakap, membaca dan menulis. Prinsip pendekatan ini melibatkan Pelajar dan pengejar, dengan cara guru membacanya berulang kali, dan pelajar menyimak tanpa melihat teks. Beberapa kelebihan pada pendekatan ini yakni pelajar memiliki pelafalan yang bagus,terampil membuat pola kalimat baku yang sudah dilatihkan Pelajar dapat melakukan komunikasi lisan dengan baik dan lain sabagainya. Akan tetapi pastinya terdapat kekurangan dalam pendekatan ini kekurangannya salah satunya yakni Respon pelajar cenderung mekanistis, sering tidak mengetahui atau tidak memikirkan makna ujaran yang diucapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AL-MUARRIB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State ...