cover
Contact Name
Anna Musyarofah
Contact Email
musyarofah@iainsasbabel.ac.id
Phone
+6285267582433
Journal Mail Official
almuarribpbababel@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Petaling KM 13 Kec. Mendo Barat Kab. Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung 33173
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : -     EISSN : 28093186     DOI : https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712
Core Subject : Education,
Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State Institute Bangka Belitung. This jounal’s aim is to publish articles to all aspect of Arabic education and literature. The journal encompasses original research articles and review articles, including arabic teaching as a foreign language, arabic linguistic and literature, arabic history, history of arabic education, arabic islamic culture, strategy of arabic language teaching and learning, media of arabic language teaching and learning and technology of arabic teaching and learning, arabic second language acquisition, evaluation of arabic teaching.
Articles 30 Documents
Analisis Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2017 IAIN SAS Babel Semasa Pandemi Covid-19 Firda yanti
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1192.927 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2049

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran pembelajaran daring mahasiswa pendidikan bahasa arab IAIN SAS Bangka Belitung semasa pandemi covid-19. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa pendidikan bahasa arab sendiri di IAIN SAS Bangka Belitung, terkhusus mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan cara pengambilan sampel dengan non-probability sampling (al-mu’ayyanah al-laihtimaliyyah). Data dikumpulkan dengan wawancara melalui telepon via whatsApp dengan mahasiswa tersebut mengenai deskripsi pembelajaran secara daring. Kemudian mahasiswa pun memaparkan kepada peneliti mengenai pembelajaran daring yang mereka laksanakan semasa pandemi covid-19 ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mahasiswa pendidikan bahasa arab cukup efektif ditengah pandemi ini, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan demi memaksimalkan pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Abstract This research is a qualitative descriptive study which aims to provide an overview of online learning of Arabic language education students at IAIN SAS Bangka Belitung during the Covid-19 pandemic. The research subjects were students of Arabic language education themselves at IAIN SAS Bangka Belitung especially for 2017 Arabic Language Education students. This study uses a sampling method with non-probability sampling (al-mu’ayyanah al-laihtimaliyyah). Data were collected by telephone interviews via WhatsApp with these students regarding online learning descriptions. Then the students explained to the researchers about the online learning they carried out during the Covid-19 pandemic. The results of the study show that online learning of Arabic language education students is quite effective in the midst of this pandemic, but there are several things that need to be considered in order to maximize learning to be more effective and efficient.
Peran Media Dalam Pembelajaran Mufrodat Rambu - Aulia; Nasrun Supardi; Iskandi Iskandi; M.Thaib Rizki
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 2 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1139.587 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i2.2051

Abstract

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan sekelompok tertentu untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Belajar bahasa arab merupakan hal yang penting untuk memahami teks dan tujuan lain yang sederhana misalnya untuk komunikasi lisan dan tulisan. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak terlepas dari peran media didalamnya. Media merupakan salah satu proses komunikasi. Kehadiran media merupakan bagian dari faktor yang sangat signifikan dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran, dengan kata lain media ikut berperan aktif dalam meningkatkan belajar siswa dalam mencapai tujuan sehingga pembelajaran dapat terealisasi dengan efektif dan efesien. Dalam proses pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing, pembelajaran mufrodat merupakan pembelajaran yang terpenting yang harus dikuasai oleh seseorang. Karena pembelajaran mufrodat merupakan tuntutan dan syaratdasar dalam pembelajaran bahasa arab. Mufrodat merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa, sehigga penguasaan mufrodat yang baik akan mempermudah seseorang dalam menguasi bahasa asing.
PENGGUNAAN PERMAINAN MONOPOLI PADA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 1 BANGKA TENGAH annisa nisa ica; Ela Isnani Munawwaroh; Syarifah Syarifah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 2 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.418 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i2.2052

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu untuk menyampaikan sebuah pesan pembelajaran dari guru kepada siswa. Media pembelajaran berdasarkan sifatnya memiliki tiga jenis yaitu visual, audio dan audio visual. Maka berdasarakan hal tersebut peneliti memilih media visual yaitu permainan monopoli sebagai media pembelajaran bahasa arab di MTs N 1 Bangka Tengah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode R&D pada Sugiyono. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A dan B dengan jumlah sampel 64 siswa. 32 siswa sebagai kelas control dan 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan menggunakan instrumen berupa angket dan soal pre test dan post test. Maka berdasarkan hasil pengolahan data nilaia rata-rata dari kelas control pada soal pre test dan post test adalah sebesar 66,25 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 75. Kemudian dari hasil angket kelayakan media dengan menggunakan analisis SPSS 22 didapatkan hasil 0,000 ≤ 0,050 yang berarti pengembangan media pembelajaran bahasa arab permainan monopoli dinyatakan sangat signifikan. Maka dari hasil penelitian ini Ho ditolak dan Hα diterima.
Pendekatan Aural-Oral Approach Dalam Keterampilan Berbahasa Arab Fitri Fitri Nurkholis Nurkholis; Ela Isnani Munawwaroh
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1246.295 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2059

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sosial dan kebudayaan masyarakat. Seiring dengan perkembangan itu, ditemukan berbagai kesulitan dalam memepelajarinya khususnya dalam hal penuturan atau berbicara menggunakan bahasa Arab. Salah satu metode atau pendekatan yang bisa diterapkan dalam meningkat keterampilan berbicara yakni pendekatan Aural Oral Approach. Pentingnya mengkaji mengenai ini adalah agar kita bisa memahami pendekatan yang seperti apa yang efektif kita terapkan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya keterampilan berbicara. Pendekatan Aural Oral Approach atau lazim disebut pendekatan Mendengar-Mengucapkan merupakan pendekatan pembelajaran bahasa arab yang tidak hanya menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan proses mempelajari bahasa, tetapi juga memberikan pertimbangan antara kemahiran menyimak, bercakap cakap, membaca dan menulis. Prinsip pendekatan ini melibatkan Pelajar dan pengejar, dengan cara guru membacanya berulang kali, dan pelajar menyimak tanpa melihat teks. Beberapa kelebihan pada pendekatan ini yakni pelajar memiliki pelafalan yang bagus,terampil membuat pola kalimat baku yang sudah dilatihkan Pelajar dapat melakukan komunikasi lisan dengan baik dan lain sabagainya. Akan tetapi pastinya terdapat kekurangan dalam pendekatan ini kekurangannya salah satunya yakni Respon pelajar cenderung mekanistis, sering tidak mengetahui atau tidak memikirkan makna ujaran yang diucapkan.
تحليل بنود الأسئلة في الإمتحان النهائي لمادة اللغة العربية في الفصل العاشر بالمدرسة العالية "الإسلام" كموجا Farida Far Ida; Syarifah Syarifah; Muhamad Muhamad
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 2 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1472.942 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i2.2064

Abstract

عمل تحليل بنود الأسئلة هو عمل الذي يجب أن يقوم المعلم فى تحسين جودة الأسئلة التي إعدادها ويهدف إلى التعرف على الأسئلة الجيدة، غير جيد و السييئة. بتحليل الاسئلة يمكن الحصول على معلومات عن القبح السؤال و تعليمات لإجراء التحسينات. الأسئلة فى الإمتحان النهائي لمادة اللغة العربية فى المدرسة العالية الإسلامية "الإسلام" كموجا لم يتم تحليلها من الجودة والكمية. وهذا البحث لمعرفة عن الجودة الأسئلة من درجة الصدق، درجة الثبات، درجة الصعوبة و درجة التمييز فى الإمتحان النهائي لمادة اللغة العربية فى المدرسة الثانوية الإسلامية "الإسلام" كموجا سنة دراسية 2019\2020. هذا البحث هو بحث كمي، وأما النهج فى هذا البحث هو نهج وصفي. و طريقة جمع البيانات المستخدمة فى هذا البحث هو الوثائق. ظهرت من نتائج البحث: أن من درجة الصدق هناك 11 سؤالا صحيحة و أسئلة غير صحيحة 24 سؤالا. من درجة الثبات هي الأسئلة التي لها ثبات منخفض لأن معامل الثبات أقل من 0،70 .من درجة الصعوبة ينظر فى الفئة الصعبة، هناك 10 أسئلة (28%) ، فى الفئة المتوسطة هناك 23 سؤالا (66%) و فى الفئة السهلة هناك 2 سؤالين (6%). من درجة التمييز، أظهر أن له درجة التمييز الضعيف كانت 19 (54%) ، الأسئلة لها درجة التمييز الكفي كانت 3 أسئلة (9%) سؤالا، و الأسئلة لها درجة التمييز الجيد كانت 13 (37%) سؤالا.
INTEGRASI KAIDAH IMLA’ DAN TAJWID DALAM KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB Nur Khoirun Nisa; M.Thaib Rizki
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 2 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1629.02 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i2.2068

Abstract

Pembelajaran dengan mengintegrasikan kaidah imla’ dan tajwid dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab khususnya dalam keterampilan menulis. Hal ini disebabkan bahwa antara tajwid dan imla’ memusatkan fokus yang sama; lebih banyak menulis dan mendengarkan. Akan tetapi, namun dalam tajwid fokus mendengarkan dan memperhatikan lebih dahulu sebelum menulis. Tujuan dari menulis dengan mengintegrasikan imla’ dan tajwid ini ialah Melatih pelajar dalam menulis huruf dan kata secara benar sesuai kaidah bahasa Arab asli, Mengarahkan pelajar menggunakan indera pendengarannya secara maksimal. Imla’ juga terbagi menjadi menjadi empat jenis yaitu, imla’ manqul, imla’ istima’iy, imla’ mandhur, imla’ ikhtibary. Keempat jenis imla’ ini terdapat caranya tersendiri, hasil akhir yang diharapkan dari integrasi imla dan tajwid ialah: (1) Melatih pelajar dalam menulis huruf dan kata secara benar sesuai kaidah bahasa Arab asli. (2) Membantu pelajar secara lebih yang mengalami kesulitan dalam menulis imla’.
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA Angkatan 2018 IAIN SAS Babel Firda yanti; Syarifah Syarifah; Muhamad Muhamad
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 2 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1319.589 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i2.2072

Abstract

Abstrak Awal tahun 2020 kita kedatangan tamu yang bernama covid-19, yang mana virus tersebut mengejutkan seluruh manusia didunia. Hal tersebut memberikan dampak yang begitu luas. Hal ini yang menyebabkan pembelajaran di sekolah maupun di universitas berubah menjadi daring (dalam jaringan). Adapun pembelajaran ini diterapkan juga di IAIN SAS Babel. Namun pada kenyataannya pembelajaran daring menimbulkan beberapa keluhan di antara mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab itu sendiri. Di antaranya adalah tidak semua mahasiswa bertempat tinggal di daerah yang memiliki sinyal internet yang bagus di daerah pedesaan. Adapun jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa PBA 18 IAIN SAS Babel dengan sampel penelitian adalah seluruh populasi yang ada dengan jumlah 18 mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui minat belajar mahasiswa PBA 18 semasa pandemi (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa PBA 18. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisi regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar mahasiswa menurun selama proses pembelajaran daring. pembelajaran daring memberikan pengarug terhadap minat belajar mahasiswa yakni sebesar 53,1%. Abstract At the beginning of 2020, we have a guest named Covid-19, where the virus has shocked all humans in the world. This has such a broad impact. This is what causes learning in schools and universities to turn online (in the network). This learning is also applied at IAIN SAS Babel. However, in reality online learning has caused several complaints among Arabic Language Education students themselves. Among them is that not all students live in areas that have a good internet signal in rural areas. The type of this research is quantitative. The population in this study were PBA 18 IAIN SAS Babel students with the research sample being the entire population with a total of 18 students. The purpose of this study was (1) to determine the learning interest of PBA 18 students during the pandemic (2) to determine the effect of online learning on the learning interest of PBA 18 students. The data analysis used is simple linear regression analysis. The results showed that students' interest in learning decreased during the online learning process. online learning has an effect on students' interest in learning, which is 53.1%.
Problematika Penerjemahan Teks Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Negeri 3 Bangka Siti Amalia; Dody Irawan
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1175.329 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2079

Abstract

Penerjemahan adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran bahasa arab. Namun sebagian dari mereka menghadapi kesulitan ketika menerjemahkan teks bahasa arab ke dalam bahasa indonesia. Kesulitan siswa dalam pemerjemahan menjadi penghambat tercapainya tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika problematika siswa dalam menerjemahkan teks bahasa arab ke bahasa indonesia di MTs Negeri 3 Bangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan wawancara dan observasi ke lapanga n. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa masih kesulitan dalam memilih kosa kata, tata kalimat (qowaid), susunan kalimat, latar belakang siswa yan berasal dari lulusan sekolah umum, kamus yang kurang memadai dan kurangnya motivasi belajar siswa untuk belajar bahasa arab.
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL MUTTAQIN SIMPANG TIGA Hari Ariyanti; Syarifah Syarifah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.272 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2080

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan bahwa tidak semua pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pemanfaatan dan penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa arab. Strategi yang terkesan monoton menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk pembelajaran bahasa arab. Minat merupakan salah satu faktor internal siswa yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Minat belajar yang tinggi akan membuat siswa bersemangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang ingin dicapai. Untuk memotivasi siswa diperlukan strategi tertentu dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Kooperatif dan PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal Farida Far Ida; Anna Musyarofah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1551.862 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Abstract

Kegiatan menganalisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam rangka meningkatkan mutu soal yang telah disusun dan bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan soal yang jelek. Dengana analisis soal dapat diperoleh informasi tentang kejelekan sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Soal ulangan akhir semester (UAS) bahasa arab buatan guru di MA Al-Islam Kemuja belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitats. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda soal pada UAS semester genap mata pelajaran bahasa arab kelas X di MA Al-Islam Kemuja tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil analisis validitas menunjukkan 11 soal kategori soal yang valid dan 24 soal dalam kategori tidak valid. pada hasil analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korelasi koefesien r11=0,669 ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang rendah reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 10 butir soal (28%), sedang berjumlah 23 butir soal (66%) dan mudah berjumlah 2 butir soal (6%). Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan daya pembedanya tidak baik berjumlah 19 butir (54%), butir soal yang daya pembedanya cukup baik berjumlah 3 butir (9%) dan butir soal yang daya pembedanya baik berjumlah 13 butir (37%).

Page 1 of 3 | Total Record : 30