Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan bahwa tidak semua pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pemanfaatan dan penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa arab. Strategi yang terkesan monoton menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk pembelajaran bahasa arab. Minat merupakan salah satu faktor internal siswa yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Minat belajar yang tinggi akan membuat siswa bersemangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang ingin dicapai. Untuk memotivasi siswa diperlukan strategi tertentu dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Kooperatif dan PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
Copyrights © 2021