Kegiatan menganalisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam rangka meningkatkan mutu soal yang telah disusun dan bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan soal yang jelek. Dengana analisis soal dapat diperoleh informasi tentang kejelekan sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Soal ulangan akhir semester (UAS) bahasa arab buatan guru di MA Al-Islam Kemuja belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitats. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda soal pada UAS semester genap mata pelajaran bahasa arab kelas X di MA Al-Islam Kemuja tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil analisis validitas menunjukkan 11 soal kategori soal yang valid dan 24 soal dalam kategori tidak valid. pada hasil analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korelasi koefesien r11=0,669 ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang rendah reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 10 butir soal (28%), sedang berjumlah 23 butir soal (66%) dan mudah berjumlah 2 butir soal (6%). Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan daya pembedanya tidak baik berjumlah 19 butir (54%), butir soal yang daya pembedanya cukup baik berjumlah 3 butir (9%) dan butir soal yang daya pembedanya baik berjumlah 13 butir (37%).
Copyrights © 2021