Masa kanak-kanak akhir (late childhood) dimulai dari usia 6 tahun sampai kurang lebih usia 11-13 tahun. Salah satu tugas perkembangan anak pada usai ini adalah mampu mengembangkan keterampilan dasar untuk membaca dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di TPA Al Luqmaniyyah Yogyakarta , hasil belajar, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tujuan pembelajaran adalah santri mampu membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung dengan baik dan benar. Metode pembelajaran yang digunakan bervariarif, meliputi metode ceramah, bermain, klasilal, privat, menyalin dan dikte. (2) Hasil pembelajaran masuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73 dan 74 . (3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran ini adalah kegiatan pembelajaran yang aktif dengan metode dan media yang variatif, sedangkan faktor penghambatnya adalah santri kurang fokus dan lebih sering bergurau dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya persiapan dari ustadz-ah dalam penyampaian materi.
Copyrights © 2022