Global
Vol. 6 No. 2 (2019): GLOBAL

SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE BENDA SENI PADA KELOMPOK PEDAGANG SIGERTENGAH: Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Subang

Caca Arif Herdian (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Sampai saat ini banyak e-marketplace yang telah bermunculan di indonesia, namun tidak ada yangdikhususkan untuk komunitas atau kelompok dengan hobi yang sama di bidang seni. Kelompokpedagang sigertengah merupakan organisasi yang bergerak di bidang seni dengan memproduksidan menjual benda-benda seni. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses penjualan bendaseni hasil produksinya sering mengalami ketidakpastian dari pembeli yaitu tidak pastinyaketersediaan uang yang dimiliki oleh pembeli serta pedagang yang tidak ingin menampilkannominal harga dari benda seni yang ditawarkan, hal ini menyebabkan rendahnya kepastianpembelian. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan konsep proses penjualan. Dalammenyelesaikan masalah tersebut penulis membangun sistem informasi e-marketplace dan merubahkonsep tata cara pembayaran dengan menerapkan cara pembayaran escrow atau rekening bersamayang disimpan oleh pihak ketiga dalam hal ini pengelola marketplace. Sistem informasi inidibangun menggunakan metode pengembangan sistem Unified Process, bahasa pemrogramanPHP dengan Framework Codeigniter, database MySQL serta bahasa pemodelan UML. Kata Kunci: Sistem Informasi, E-Marketplace, Escrow, Unified Process, PHP,

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FASILKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Global, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil riset ilmu komputer kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain meliputi bidang : Sistem Informasi, IT/IS Audit, ...