cover
Contact Name
Bagus Ali Akbar
Contact Email
fasilkom@unsub.ac.id
Phone
+6282319550775
Journal Mail Official
jurnalglobalfasilkom@unsub.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Komputer, Kampus I Universitas Subang, Lantai II. Jl. R.A Kartini Km 3 Kabupaten Subang Jawa Barat
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
Global
Published by Universitas Subang
ISSN : 20867395     EISSN : 29648785     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Global, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang secara berkala (setiap enam bulan sekali) dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil riset ilmu komputer kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain meliputi bidang : Sistem Informasi, IT/IS Audit, Sistem Penunjang Keputusan, Networking, IoT, Aplikasi Seluler, Aplikasi Berbasis Web, Aplikasi Multimedia, Manajemen Basis Data, E-Commerce, Global menerima kiriman artikel hasil riset Ilmu Komputer khususnya di bidang Sistem Informasi yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke GLOBAL tidak dikirimkan atau telah dipublikasikan dalam jurnal yang lain. Untuk artikel hasil riset dengan pendekatan survei atau eksperimental, penulis harus melampirkan instrumen riset (kuisioner, kasus, daftar wawancara, dan lain-lain). Agar hasil riset Sistem Informasi yang dimuat dalam GLOBAL dapat bermanfaat untuk pengembangan praktik, pendidikan dan riset komputer, penulis artikel berkewajiban memberikan data riset kepada yang memerlukan dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Penentuan artikel yang dimuat dalam GLOBAL melalui proses blind review oleh GLOBAL, dengan mempertimbangkan antara lain : terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metodologi riset yang digunakan, dan signifikasi kontribusi hasil riset terhadap pengembangan profesi dan pendidikan ilmu komputer. Editor bertanggungjawab untuk memberikan telaah konstruktif dan jika dipandang perlu menyampaikan hasil evaluasi kepada penulis artikel.
Articles 100 Documents
KONSEP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING HARGA PANGAN: Studi Kasus: Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang Syarif Hidayat; Sofwandi Noor
Global Vol. 5 No. 1 (2018): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.665 KB)

Abstract

Distribusi dan harga pangan merupakan bagian yang penting untuk dimonitor/dipantau oleh Pemerintah Daerah dalam menjamin stabilitas pasokan dan harga pangan antar wilayah dan antar waktu, yang memungkinkan seluruh masyarakat dapat mengakses pangan, baik secara fisik maupun ekonomi. Agar proses monitoring berjalan lancar maka dibutuhkan adanya Sistem Informasi yang akan memonitor stock dan harga pangan. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan perancangan pada tataran sistem sehingga bisa dijadikan sumber referensi bagi pihak yang akan mengembangkan sistem informasi monitoring pangan.
SISTEM INFORMASI KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM BERBASIS WEB Bambang Tjahjo Utomo
Global Vol. 5 No. 1 (2018): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.133 KB)

Abstract

Dalam mendukung prinsip akuntabititas diperlukan sebuah sistem informasi keuangan bagi Badan Layanan Umum , agar dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga dapat dipertangungjawabkan. Selain itu, pengguna dapat memonitor serta mengatur tata kelola keuangan dengan lebih baik.Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Code Igniter dan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Prototyping.Hasil dari rancang bangun ini adalah sebuah Prototype aplikasi Sistem Informasi Keuangan Badan Layanan Umum berbasis web . Dengan dikembangkannya Prototype Sistem Informasi Keuangan Badan Layanan Umum berbasis web ini , dapat membantu pengelola keuangan Badan Layanan Umum dalam mengelola keuangan lebih akurat dan efisien, menyimpan data keuangan, menyajikan informasi keuangan yang efektif dan efisien.
PENGEMBANGAN SMART REPORTING SYSTEM: APLIKASI MOBILE PELAPORAN DAN MONITORING KEGIATAN PEGAWAI Sofwandi Noor
Global Vol. 5 No. 1 (2018): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.29 KB)

Abstract

Pemerintah Daerah terdiri dari beberapa satuan kerja dengan jumlah pegawai yang sangat banyak. Salah satu kendala dalam pelaksanakan kegiatan adalah melakukan monitoring terhadap kegiatan lapangan dan pelaporannya. Untuk mengatasi kendala tersebut salah satu cara adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yaitu dengan pembangunan Smart Reporting System. Smart Reporting System adalah aplikasi mobile untuk melakukan pelaporan kegiatan secara langsung, yang dilengkapi dengan fasilitas pengiriman foto dan deteksi koordinat GPS lokasi. Dengan dikembangkannya Smart Reporting System ini, diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional pegawai dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja Pemerintah Daerah.
PENERAPAN KLASIFIKASI STATUS PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES DI RSU H. SYAIFUL ANWAR Rino Gupitha
Global Vol. 5 No. 1 (2018): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.234 KB)

Abstract

Klasifikasi Status Pegawai Berdasarkan Parameter Numerik Dengan Metode Naïve Bayes Di RSU H. Syaiful Anwar. Rumah Sakit Umum Syaiful Anwar adalah rumah sakit umum yang baru diresmikan akhir januari 2016. Rumah Sakit Umum ini memiliki bermacam departemen dari yang sifatnya medis maupun non-medis. Salah satu departemen non-medis di sini adalah departemen SDM (Sumber Daya Manusia). SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas akan mempengaruhi instansi atau perusahaan dalam mencapai tujuan instansi atau perusahaan itu. Klasifikasi status pegawai yang tepat akan menentukan posisi karyawan di suatu institusi atau perusahaan. Naïve Bayes Classification merupakan salah satu algoritma klasifikasi yang sangat efektif dan efisien. Algoritma ini bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu, bekerja berdasarkan teori peluang/probabilitas. Dalam penerapannya parameter yang digunakan adalah parameter numerik, yaitu level pendidikan, pengalaman kerja, dan gaji pokok. Adapun aplikasi yang digunakan untuk menerapkan klasifikasi ini dibangun dengan menggunakan platform PHP dan MySQL.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA TERINTEGRASI Syarif Hidayat; Sofwandi Noor
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.933 KB)

Abstract

Kebijakan Pemerintah Pusat dengan mengalokasikan anggaran cukup besar untuk Desa perlu disingkapi dengan baik sehingga kebijakan tersebut bisa memberikan manfaat dan kemakmuran untuk masyarakat desa. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontibusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membantu dalam tatakelola desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RUP yang merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang sudah teruji dan banyak digunakan dalam pengembangan sistem informasi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi yang dikelompokan untuk mengelola profile desa, administrasi kependudukan, dan pertanahan.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KELOMPOK TERNAK Sofwandi Noor
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1652.004 KB)

Abstract

Salah satu program kerja Pemerintah Daerah adalah melakukan pembinaan dan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok ternak yang ada di daerahnya. Bantuan dan pembinaan dilakukan dengan memberikan bibit ternak dengan memperhatikan lokasi kelompok ternak dan lokasi lahan pengembangbiakan ternaknya. Agar proses pemberian bantuan tersebut dapat lebih tersebar dengan baik dan sesuai dengan kondisi geografis lokasi lahan maka dikembangkan sistem informasi geografis yang dapat menampilkan peta sebaran lokasi kelompok ternak dan lahan pengembangbiakan ternak kelompok ternak tersebut.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN Bambang Tjahjo Utomo
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1059.978 KB)

Abstract

Tujuan pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan beracun (B3) adalah untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh limbah B3 serta melakukan pemulihan kualitas lingkungan yang sudah tercemar sehingga sesuai dengan fungsinya kembali. SIG Pengelolaan Limbah Beracun adalah bentuk pemetaan informasi pengelolaan limbah B3 yang disajikan secara spasial dengan mengunakan peta tematik yang terhubung dengan database.SIG Pengelolaan Limbah Beracun dibuat dengan menggunakan Map Server, bahasa Pemrograman PHP dengan framework yii dan database Mysql. Metode Pengembangan yang digunakan adalah metode prototyping.Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pengelolaan limbah beracun telah dilakukan dalam penelitian ini. Dengan adanya sistem tersebut maka dapat dilakukan monitoring dan analisa secara lebih mudah berbasiskan geografis terhadap pengelolaan limbah beracun. Dengan menggunakan visualisasi berupa peta diharapkan dapat mempermudah pengguna tidak hanya dalam mengintepretasikan analisis informasi melainkan juga bisa digunakan sebagai dukungan bagi pemilihan strategi kebijakan lain yang dibutuhkan.
PENENTUAN EKSTRA KURIKULER (EKSKUL) SISWA SMK TERPADU LAMPANG SUBANG DENGAN ALGORITMA C 4.5 Rino Gupitha
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.106 KB)

Abstract

Penentuan Ekstra Kurikuler Siswa SMK Terpadu Lampang Subang Dengan Algoritma C 4.5. Memilih ekstra kurikuler bagi siswa SMK tidak bisa dianggap mudah dan sepele. Banyak kasus dijumpai bahwa pemilihan ekstra kurikuler yang tidak sesuai dengan keinginan, kepribadian, minat, dan bakat dapat mempengaruhi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Karena itu dengan menggunakan pendekatan algoritma klasifikasi data mining diharapkan untuk dapat menentukan ekstra kurikuler yang sesuai dan akan dipilih oleh siswa. Identifikasi ini penting diketahui di awal tahun ajaran baru sehingga siswa tidak salah dalam memilih ekstra kurikuler yang diminati. Berdasarkan pertimbangan diatas, penelitian akan mengunakan pendekatan algoritma C4.5 untuk menentukan ekstra kurikuler yang akan dipilih oleh siswa sesuai dengan keinginan, kepribadian, minat, dan bakat. Adapun parameter dalam pemilihan ekstra kurikuler adalah Indeks Tes Nilai Kemampuan dan Bakat.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATAKULIAH: Studi Kasus : Universitas Subang Rakhmayudhi Rakhmayudhi; Tri Okriyanto
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.05 KB)

Abstract

Penjadwalan kegiatan kuliah dalam suatu Perguruan tinggi/kampus adalah suatu hal yang rumit dan sering mengalami kesulitan, yang menyebabkan pengalokasian mata kuliah dengan dosen dan ruangan yang sering bentrok dengan jadwal mata kuliah, dosen dan ruang yang lain dalam satu periode jadwal kuliah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem dan metode optimasi yang dapat diterapkan untuk menyusun penjadwalan mata kuliah. Aplikasi penjadwalan kuliah dalam penelitian ini dibuat untuk membantu pihak pembuat jadwal dalam melakukan penjadwalan kuliah pada periode yang diselenggarakan. Dalam pembuatan Sistem Informasi Penjadwalan ini menggunaan beberapa diagram pemodelan diantaranya Diagram Use Case, Diagram Activity, Diagram Robustness, Diagram Class, dan Diagram Sequence. Hasil Penelitian ini diharapan dapat membantu Bidang Akademik Universitas dalam melakukan penyusunan jadwal kuliah.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROGRAM KERJA PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAAN KELUARGA (PKK) Jaja Jaja; Doni Indrawan
Global Vol. 4 No. 2 (2017): GLOBAL
Publisher : FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.228 KB)

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Program Kerja pada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) akan menunjang efisiensi dan efektifitas kerja dalam mengolah data untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Program Kerja pada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sistem ini dirancang menggunakan pemodelan UML. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySQL. Untuk pengembangan sistem yang dibuat peneliti menggunakan metode unified process (UP) dikarenakan pengembangan sistem pada metode UP untuk setiap tahapannya dapat dilakukan perbaikan-perbaikan pada tahapan sebelumnya tanpa harus mengulang dari awal proses pekerjaan. Hasil dari rancang bangun ini adalah sebuah aplikasi berbasis web bernama SIM-Program Kerja yang dapat dijalankan pada semua sistem operasi. Dengan dikembangkannya Sistem Informasi Manajemen Program Kerja pada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berbasis web, dapat mempermudah dalam melakukan pemantauan dari hasil kegiatan dan program kerja yang sedang berjalan serta dapat mengumpulkan data-data untuk melakukan pelaporan dengan dibuatnya pengelolaan data program, realisasi dan Program Kerja.

Page 1 of 10 | Total Record : 100