Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 4 (2022)

Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Agama Islam Di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan

Anisah Fatimah (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan, Penggunaan Model pembelajaran Pair Check ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Pair Check serta mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Subjek yang diambil dari penelitian ini adalah kelas VIII penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VIII A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D 30 siswa sebagai kelas control. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes dan Observasi, menggunakan Pree Test dan Post Test. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,895 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,514 dan 0,681) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,895 ≥ 0,514 dan 0,681 ). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh penggunaan” antara Model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Kelas VIII di SMP Rahmat Islamiyah Medan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimpai

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil ...