cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
asraraspia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28080149     EISSN : 28080149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam Pendidikan, Pendidikan Agama, Bahasa Arab, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam sebulan, dimulai dari bulan Januari tahun 2023. JIMPAI telah memiliki ISSN Online (2808-0149) dan diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 157 Documents
Analisis Implementasi Konsep Syirkah Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank Sumut Syariah Brigjen Katamso) Ica Molina
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.55 KB)

Abstract

Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akad Musyarakah pada pembiayaan di Bank Sumut Syariah Brigjen Katamso dan untuk mengetahui apakah penerapan konsep syirkah sudah sesuai dengan fatwa MUI AA4.DSN-MUI/IX/2017 tentang akad syirkah. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana penerapan akad Musyarakah pada pembiayaan di Bank Sumut Syariah Brigjen Katamso? Apakah penerapan konsep syrikah sudah sesuai dengan fatwa MUI AA4.DSN-MUI/IX/2017 tentang akad syirkah?. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah data yang berbentuk kata-kata atau yang berwujud pernyataan-pernyataan verbal dalam bentuk angka. Penelitian kualitatif inibersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Bank Sumut Syariah Brigjen Katamso sudah menerapkan akad musyarakah dengan cara memanfaatkan (sewa) barang antara Bank dengan nasabah pada akhir masa sewa, maka nasabah wajib membeli barang yang telah disewanya. Dapat ditambahkan bahwa penerapan konsep syirkah sudah sesuai dengan fatwa MUI AA4.DSN-MUI/IX/2017 tentang akad syirkah. Yaitu penerapan syirkah disesuaikan dengan ketentuan yang berdasarkan Al-qur’an dab hadis dengan mengikuti pedoman perbankan syariah yang berlaku di Indonesia.
Dampak Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Agama Islam Di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan Anisah Fatimah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.051 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan, Penggunaan Model pembelajaran Pair Check ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Pair Check serta mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Subjek yang diambil dari penelitian ini adalah kelas VIII penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VIII A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D 30 siswa sebagai kelas control. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes dan Observasi, menggunakan Pree Test dan Post Test. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,895 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,514 dan 0,681) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,895 ≥ 0,514 dan 0,681 ). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh penggunaan” antara Model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Kelas VIII di SMP Rahmat Islamiyah Medan.
Analisis Laporan Keuangan Dalam Menaksir Kemampuan Keuangan Pada Bank Mandiri Syariah Meli Aswita Lubis
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.555 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yang diteliti adalah Untuk mengetahui kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri jika ditinjau dari Segi Capital.Untuk mengetahui kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri jika ditinjau dari SegiAsset.Untuk mengetahui kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri jika ditinjau dari Segi Management.Untuk mengetahui kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri jika ditinjau dari SegiEquality.Untuk mengetahui kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri jika ditinjau dari SegiLiquidity. Metode penlitian skrispsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif deskriptif  dengan uji kredibilitas seperti : perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, trigulasi, analisis kasus negativ, menggunakan bahan reverensi, dan menggunakan membercheck. Berdasarkan hasil analisa data dan evaluasi terhadap laporan Bank Mandiri Syaiah dapat ditarik kesimpulan:Bila ditinjau dari segi rasio kas memiliki keadaan yang cukup baik sebab berhasil  mengalami kenaikan signifikan Bila ditinjau dari Segi Rasio Margin laba bersih memilki kondisi keuangan cukup baik sebab berhasil menaikan laba setelah pajak dan sepenuhnya dengan menggunakan aset kas sendiri dalam kegiatan oprasional perusahaan. 
Etika Seorang Guru Dalam Pembelajaran Al-Qurān Menurut Imam An-Nawawi Dalam Kitab At-Tibyān Fī Adabi Hamalah Al-Qurān Bahagia Bangun
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.648 KB)

Abstract

Guru adalah bagian darifaktor penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep adab guru, adab-adab guru dan strategi untuk mencapai adab guru dalam pembelajaran Al-Quran menurut Imam Nawawi didalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Quran. Penelitian ini dibantu dengan buku-buku, hadis, al-quran, jurnal, dan penelitian relevan lainnya yang berhubungan erat dengan topik yang dibahas dalam penelitian skripsi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi  ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) melalui pendekatan study konsep. Teknik pengumpulan data yang diakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dari sumber utama yaitu kitab At-Tibyān Fi Adabi Hamalah Al-Qurān. Adapun teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisis). Hasil penelitian ini adalah, pada kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Quran Karya Imam Nawawi terdapat lima belas adab guru Dan sembilan  strategi untuk memperoleh adab tersebut.
Implementasi Program Tahfizul Quran Di Mts Negeri 1 Tapanuli Tengah Syarifah Aini
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.994 KB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan, bagaimana proses implementasi pendidikan karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. SMP Muhammadiyah. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu siswa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru SMP Muhammadiyah 1 Medan, sedangkan staf sekolah SMP Muhammadiyah 1 Medan merupakan sumber data tambahan atau pendukung dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep penerapan pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 1 Medan disesuaikan dengan visi SMP Muhamamdiyah 1 Medan sebagai pilihan dan kebanggaan umat. (shaleh, berilmu dan berakhlak mulia) dalam bidang IPTEK maupn IMTAQ. Proses implementasi Nilai karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan sebagai upaya pembentukan karakter yang baik, dilakukan dengan adanya keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukungnya adalah sekolah, guru dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambanya adalah keterbatasan waktu belajar, kesibukan orang tua dan lingkungan.
Kajian Rutin Ekonomi Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah KSEI IEC Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Nisa Andriani Saragih
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.753 KB)

Abstract

Ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalahmasalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.Literasi Keuangan Syariah merupakan bagian dari ekonomi syariah. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui peran KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam memberikan edukasi literasi keuangan syariah pada mahasiswa dan untuk mengetahui Apakah kajian literasi keuangan syariah pada KSEI IEC UMSU berjalan dengan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulannya adalah bahwa KSEI IEC UMSU berperan penting terhadap edukasi literasi keuangan syariah Dibuktikan dengan adanya program kerja dan adanya tema kajian yang membahas tentang keuangan syariah yaituSekolah Pasar Modal Syariah yang bertujuan untuk pemahaman mahasiswa akan investasi syariah serta pembukaan rekening saham syariah, meskipun tingkat efektivitasnya tidak terlalu maksimal dilaksanakan secara rutin dikarenakan beberapa faktor dan salah satunya adalah faktor pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya jumlah peserta kajian rutin.
Analisis Pengimplementasian Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Pemberian Pembiayaan Pada PT Bank Sumut Syariah Kcp Medan Marelan Agung Wahyudi
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.604 KB)

Abstract

Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan fungsi analisis penerapan sistem informasi akuntansi dalam mendukung pengendalian internal pemberian pembiayaan dan bagaimana tinjauan Bank Sumut Syariah terhadap pelaksanaan fungsi analisis penerapan sistem informasi akuntansi dalam mendukung pengendalian internal pada PT Bank Sumut Syariah KCP Medan Marelan, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, Pada penelitian ini lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Sumut Syariah (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Medan Marelan JL Marelan Raya Ps. 4 No.135,Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatra Utara 20255, Indonesia, penelitian ini dimulai dari april 2021 sampai selesai, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis desktiptif, adapun yang menjadi hasil penelitian adalah , Pada PT Bank sumut Syariah KCP Medan Marelan Penerapan sistem informasi akuntansi sudah berjalan cukup baik dari hasil temuan penelitian terlihat dari Tahap permohonan pembiayaan, Tahap pengumpulan data dan investigasi, Tahap analisa pembiayaan, Tahap pengumpulan data, Tahap pengikatan, Tahap pengawasan (Monitoring) sudah berjalan dengan sesuai prosedur dan transparansi yang jelas, Pada bank Sumut Syariah KC penerapan sistem Pengendalian Internal sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini bisa terlihat dari, Unsur struktur organisasi dan sistem wewenang, Unsur pelaksanaan kerja yang sehat dan pegawai yang berkualitas, Penentuan Risiko Manajemen, Aktivitas Pengendalian, Sistem Informasi dan Komunikasi, dan Pengawasan (Monitoring) yang sudah disusun dan dijalan sesuai dengan aturannya sehingga bisa mengurangi tingkat nasabah bermasah.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Afinitas Generasi Y Dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah (Studi Kasus Di Kepenghuluan Bagan Batu Barat, Kecamatan Bagan Sinembah) Lufvita Melati Sukma Br.Sitorus
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.206 KB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah khususnya bank syariah sudah ada di kepenghuluan bagan batu barat sejak lima tahun, seharusnya jangka waktu yang lama tersebut sudah dapat memberi informasi dan wawasan tentang lembaga keuangan syariah. kurangnya sosialisasi atau promosi yang dilakukan bank syariah juga dapat berpengaruh kepada pemahaman masyarakat terhadap bank syariah, sehingga masih banyak yang tidak menggunakan jasa bank syariah karena tidak tahu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat generasi y dalam menggunakan jasa bank syariah di kepenghuluan bagan batu barat kecamatan bagan sinembah. Faktor-faktor tersebut adalah pengetahuan, promosi dan lokasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuisoner kepada masyarakat generasi Y bagan batu barat yang tidak menabung di bank syariah, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data regresi berganda. Berdasarakan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kurangnya minat generasi y dalam menggunakan jasa bank syariah di kepenghuluan bagan batu barat. Adapun faktor yang paling kuat berpengaruh pada kurangnya minat generasi y dalam menggunakan jasa bank syariah di kepenghuluan bagan batu barat adalah faktor lokasi.
Analisis Pembiayaan Program Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Dalam Meningkatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (Flpp) Pemerintah Pada Pt. Bank Sumut Syariah Cabang Multatuli Medan Anita Veronika
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.767 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Syariah Multatuli Medan untuk menganalisis pembiayaan Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Meningkatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Pemerintah Pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Multatuli Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Syariah Multatuli dalam meningkatkan pembiayaan Kepemilikan Perumahan (KPR) yang diikuti dengan peningkatan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ada beberapa hal yang dapat meningkatkan pembiayaan yaitu besarnya minat masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah, lokasi rumah yang dekat dengan industri, banyaknya kebutuhan rumah bagi pasangan yang baru menikah, dan akses yang mudah. Sementara itu dalam Pelaksanaan Pembiayaan Kepemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan pada BRI Syariah KCP Natar adalah pembiayaan perumahan yang difokuskan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 20/PRT/M/2014 tentang Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan Dalam Rangka Perolehan Rumah Melalui Kredit/Pembiayaan Perumahan Sejahtera Bagi Masyarakat Berpenghasilaan Rendah dengan Maksinal pendaftaran 4 juta rupiah per bulan.
Analisis Potensi Produk Musyarakah Pada Pembiayaan Sektor Riil UMKM PT. Bank Sumut Syariah Kantor Capem HM. Joni Medan Erna E
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.481 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Potensi Produk Pada Pembiayaan Sektor Riil UMKM PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan. Bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan, Bagaimana kontribusi produk pembiayaan musyarakah di PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan, dan Bagaimana potensi pembiayaan produk musyarakah pada pembiayaan sektor riil UMKM di PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif sedangkan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan deskriptif analisis. Penelitian yang dilakukan adalah dengan memberikan serangkaian pertanyaan yang diajukan kepada Pimpinan PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan dan dialihkan langsung kepada karyawan bagian pelaksana pemasaran dan analisa pembiayaan PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa akad musyarakah memiliki potensi yang begitu besar pada pembiayaan UMKM yang disalurkan bank syariah, terkhusus PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan. Penyaluran dana yang dilakukan oleh pihak bank itu sendiri berlaku pada pelaku usaha bisnis rumahan dan penyaluran dana tersebut menggunakan akad musyarakah. Akad musyarakah yaitu produk yang layak menjadi produk unggulan dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat sekitar kota medan dalam bidang ekonom

Page 1 of 16 | Total Record : 157