SASINDO
Vol 10, No 2 (2022): Juli 2022

Nilai Pendidikan Karakter dalam 20 Fabel Motivasi Pembentuk Karakter Karya Muyassaroh sebagai Bahan Ajar SMP

Mohammad Donny Andreyanto (Universitas PGRI Semarang)
Harjito Harjito (Universitas PGRI Semarang)
Muhajir Muhajir (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter yang ada dalam 20 fabel motivasi karya Muyyasaroh untuk digunakan sebagai bahan ajar SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti sebagai human instrument peneliti menggunakan pengetahuan dan pemahamannya dalam menganalisis dan menarasikan data. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai pendidikan karakter, dikategorikan menjadi empat kategori. Keempat kategori tersebut meliputi nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan makhluk dengan Tuhan, meliputi sikap religius. Kemudian, nilai pendidikan karakter yang mencerminkan hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi sikap disiplin, demokratis, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, dan mandiri. Berikutnya adalah hubungan manusia dengan masyarakat, meliputi sikap jujur, peduli sosial, toleransi, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, dan cinta damai. Terakhir, yaitu hubungan manusia dengan lingkungannya, meliputi sikap peduli lingkungan.

Copyrights © 2022