Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 2, Nomor 2, Juli 2022

Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai

Sarwinda Balo' (Universitas Negeri Makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengelolaan Pembelajaran Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai, 2) Motivasi Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orangĀ  yang ditentukan melalui teknik Purposive Samplingdengan kriteria 1)Guru SMPN 1 Sopai yang berpengalaman dan mengajar di SMPN 1 Sopai selama lebih dari 10 tahun, 2) siswa SMPN 1 SopaiKelas VIII tahun ajaran 2020/2021, yang disebut oleh guru sebagai kelas dengan siswa yang paling aktif dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan pembelajaran selama pandemi dilakukan dengan sistem pembelajaran daring, dengan membuat grup Whatsapp dan luring, diadakan dengan tatap muka secara terbatasmelihat adanya kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa, 2) Motivasi belajar peserta didik selama pandemi dipengaruhi oleh faktor intrinsik, yaitu dengan adanya keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan dan kebutuhan peserta didik.dan faktor ekstrinsik yaitu dukungan dari guru dan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...