Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 1, Nomor 2, Juli 2021

PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMP NEGERI 1 PANGKAJENE

Riska Handayani (Unknown)
Zainal Arifin (Univeristas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi guru dan siswa terhadap penerapan full day school di SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap. 2) Faktor penghambat dan pendorong  terhadap penerapan full day school  di SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria guru yang masih aktif, dan guru yang banyak bersentuan langsung dengan siswa, sedangkan siswa adalah pengurus osis  di SMP Negeri 1 Pangkajene. Jumlah informan sebanyak 9 orang guru  dan siswa yang masih aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Guru yang terlibat langsung dalam full day school. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru di SMP Negeri 1 Pangkajene tentang full day school yaitu a) merasa senang, b) merasa banyak waktu dalam mengawasi siswa sedangkan persepsi siswa terhadap full day school yairu, a) merasa banyak waktu bersama teman, b) siswa merasa jenuh. Sedangkan 2) Faktor penghambat menurut guru di SMP Negeri 1 Pangkajene  yaitu, a) orangtua yang menyerahkan sepenuhnya anak mereka ke sekolah, b) guru yang masih kurang pemahaman dalam menjalankan full day school. Sedangkan faktor penghambat menurut siswa yaitu, a) waktu  bermain mereka terhambat, waktu bersama keluarga kurang. Adapun faktor pendukung  menurut guru di SMP Negeri 1 Pangkajene yaitu, a) saranah dan prasaranah yang lengkap, b) orangtua yang mendukung. Sedangkan faktor pendukung menurut siswa yaitu, a) saranah dan prasaranah yang lengkaap, b) dukungan orangtua dan manajemen pendidikan.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...