Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 2, Nomor 1, Maret 2022

Kontribusi Program Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar

Sri Wahyuni Alwi Rajab (Universitas Negeri Makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)
Zainal Arifin (niversitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran pelaksanaan program sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar dan 2) faktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitia kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik sampling tujuan dengan kriteria guru yang pernah mengikuti program sekolah ramah anak dan guru yang tidak pernah mengikuti pelatihan sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan datadilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bagaimana pelaksanaan program sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar adalah a) sosialisasi menanamkan karakter disiplin, b) mengutamakan kepentingan umum c. membentuk karakter tanggung jawab. 2) faktor penghambat kebijakan sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar yaitu; a) Faktor sarana dan prasarana, b) faktor lingkungan atau sosial, c) kurangnya kekompakan guru, d) lemahnya partisipasi komite sekolah, e) belum meratanya pelatihan sekolah ramah anak untuk guru. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...