Jurnal Veteriner
Vol 23 No 3 (2022)

Penyebaran Kejadian Penyakit African Swine Fever di Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020-2021

Elisabeth Yulia Nugraha (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Jl. Jendral Ahmad Yani No 10, Tenda, Langke Rembong, Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86518)
Korbinianus Feribertus Rinca (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Jl. Jendral Ahmad Yani No 10, Ruteng, Manggarai, NTT)
Yohana Maria Febrizki Bollyn (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Jl. Jendral Ahmad Yani No 10, Ruteng, Manggarai, NTT)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penyakit African Swine Fever (ASF) pertama kali dilaporkan terjadi di Desa Daleng, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat pada bulan September 2020. Penyakit ini telah menyebar di seluruh Kabupaten Manggarai Barat dan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar bagi peternak dikarenakan angka mortalitasnya yang mencapai lebih dari 90%. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penyebaran penyakit ASF yang terjadi di Kabupaten Manggarai Barat berdasarkan penelusuran laporan kejadian ASF, terutama yang telah diteguhkan secara laboratorium. Survei data penelitian ini memanfaatkan data sekunder, selain itu juga dilengkapi dengan borang kuisioner open ended yang akan ditanyakan ke para responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit ASF berdasarkan pemetaan telah menyebar di dua belas kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan ASF dalam tempo kurang dari satu tahun telah menyebar ke seluruh Kabupaten Manggarai Barat. Kasus penyebaran ASF di Kabupaten Manggarai Barat menunjukkan adanya campur tangan manusia karena masih mengacu pada sistem dan pola pemeliharaan yang semi intensif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jvet

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Veteriner memuat naskah ilmiah dalam bidang kedokteran hewan. Naskah dapat berupa: hasil penelitian, artikel ulas balik (review), dan laporan kasus. Naskah harus asli (belum pernah dipublikasikan) dan ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah ilmiah yang telah ...