Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak

Desni Yuniarni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura)
Andini Linarsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura)
Dian Miranda (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura)
Halida Halida (Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura)
Sesilia Seli (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan inklusi bertujuan untuk memfasilitasi pendidikan bagi setiap anak dengan berbagai karakteristik kemampuannya. Guru sebagai pendidik anak usia dini perlu memilikibagaimana pandangan pendidikan inklusif itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Pontianak menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner. Sampelnya adalah 147 guru Taman Kanak-kanak di Kota Pontianak, dengan uji validitas menggunakan validitas konstruk pendapat ahli. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi guru TK terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik, tujuan penyelenggaraan pendidikan inklusi di Kota Pontianak cukup baik dan fasilitas dan Inklusi infrastruktur pendidikan di Kota Pontianak tergolong baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...