Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 23, No 4 (2021): Oktober

Loyalitas merek produk fast fashion di Kota Pekanbaru

Mutia Ulfah (STIE Persada Bunda Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Industri pakaian global, ritel fast-fashion merupakan sektor yang paling diminati saat ini. Bisnis ini berkembang pesat beberapa tahun terakhir akibat meningkatnya permintaan fashion, pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) di berbagai negara, serta urbanisasi dan tren yang berubah setiap bulannya. Industri fashion merupakan salah satu industri yang secara konsisten menarik perhatian generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui loyalitas merek produk fast-fashion pada Generasi Y (20-39 tahun) di kota Pekanbaru. Dengan 97 orang responden melalui teknik sampling purposive dan metode analisa regresi linear berganda diketahui bahwa Loyalitas Merek Produk Fast-Fashion pada Gen Y di Kota Pekanbaru secara signifikan dipengaruhi oleh citra merek dan kepercayaan merek. Dimana citra merek sebagai prediktor terkuat diantara prediktor lainnya. Hasil uji analisa menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kepercayaan merek yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjelaskan loyalitas merek produk fast-fashion pada Gen Y di Kota Pekanbaru sebesar 78,1%. Citra merek dan kepercayaan merek pada Gen Y di Kota Pekanbaru berkontribusi terhadap peningkatan loyalitas merek produk Fast-Fashion. Penelitian ini memiliki keterbatasan terkait sampling dan penentuan instrumen variabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...