Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan
Vol 12, No 1 (2023): Volume 12 Nomor 1 Tahun 2023

Penerapan Literasi Terintegrasi Membaca Al- Qur’an dengan Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang

Fetrimen Fetrimen (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Penanam karakter di madrasah dilakukan dengan berbagai kegiatan diantaranya gerakan literasi secara masif dengan tujuan memberikan penguatan pada peserta didik untuk memahami nilai pada setiap proses pembelajaran, misal, membaca alqur’an sebelum memulai pelajaran inti di madrasah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai yang terkandung di al-qur’an. Kegiatan literasi dilakukan dengan wajib membaca ayat al-qur’an selama 15 menit sebelum proses pembelajaran inti di mulai sebagai upaya menumbuhkembangkan semangat dan gairah peserta didik untuk memahami ayat-ayat al-qur’an. Pendidik mengawasi kefasihan dan menilai tentang pemahaman peserta didik dalam membaca ayat-ayat alqur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik penerapan Discrepancy Evaluation Mode (DEM) merujuk pada kecocokan antara program kegiatan literasi terintegrasi dengan acuan dan sarana prasarana yang tersedia. Penelitian ini menggunakan berbagai strategi dan teknik menggunakan data kualitatif berdasarkan pada hasil observasi, wawancara kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang, dokumentasi dan sebaran instrument wawancara pada pendidik dan peserta didik tentang penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal karena beberapa kriteria yang belum tercapai seperti adanya kesenjangan pemahaman antar pendidik dalam membaca ayat-ayat alqur’an dan pengadministrasian penilaian hasil bacaan peserta didik belum maksimal sesuai tujuan program literasi yang diharapkan. Belum ada upaya yang optimal dalam mengevaluasi peserta didik yang belum mampu membaca al-qur’an dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bahana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (JBMP) is a scientific journal in the field of Management and Education. This journal is published twice editions published a year. JBMP published by Educational Adminstration, Faculty of Educational Science at Padang State University collaboration with Ikatan ...