Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi brand equity terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif. Jumlah sampel adalah 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand awarenesss, brand association, dan brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Perceived quality berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness,brand association, perceived quality dan brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R2 88,1% artinya dimensi brand equity yang terdiri dari; brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty mampu mempengaruhi keputusan pembelian dengan persentase mencapai 88,1% sedangkan 11,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian perlu dipertimbangkan pengaruh dari dimensi brand equity. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty
Copyrights © 2023