Menara Ilmu
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023

Pengaruh Kepercayaan Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Sistus e-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Dharma Andalas)

Alvin Alfian (Fakultas Ekonomi Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang)
Yentisna Yentisna (Unknown)
Ezizwita Ezizwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Perkembangan masyarakat saat ini semakin canggih dan modern, yang menunjukan banyaknya orang yang mencari sesuatu yang mudah dan praktis. Perubahan ini dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti lingkungan eksternal yang terkait dengan perkembangan teknologi yang digunakan website dan aplikasi untuk mendorong konsumen berbelanja secara online. E-commerce adalah transaksi online antara penjual dan pembeli dan dapat dilakukan dimana saja. Karena banyaknya peluang belanja dan berbagai jenis produk atau jasa yang ditawarkan dalam e-commerce, Indonesia menjadi salah satu pusat berbelanjaan. Hal ini memaksa banyak penjual untuk bersaing dengan cara yang berbeda, untuk menawarkan produk dengan cara yang diinginkan konsumen. Dengan perkembangan ini, penjual mengikuti kebutuhan konsumen agar lebih praktis dan efektif. Proposal Penelitian ini ditulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan Promosi terhadap minat pembelian ulang pada sistus e-commerce shopee(studi kasus pada mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut: 1) kepercayaan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 3) promosi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, 4) kepercayaan dan kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang, 5) Hasil uji koefisien detreminasu nilai adjusted R square adalah sebesar 0.751 hal ini berarti 75,11% dari minat pembelian ulang pada situs e-commerce Shopee pada mahasiswa FEB Universitas Dharma Andalas yang dapat dijelaskan oleh kepercayaan, kualitas pelayanan dan promosi. Kata Kunci: Kepercayaan Kualitas Pelayanan, Promosi dan Minat Pembelian Ulang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...