COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 6, No 1 (2023)

Pengembangan instrumen tes computational thinking Siswa Sekolah Dasar melalui analisis RASCH model

Lilis Inasari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dindin Abdul Muiz Lidinillah (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Adi Prehanto (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Computational Thinking (CT) dapat dikembangkan dalam mata pelajaran matematika, melalui bebras siswa dapat menyelesaikan persoalan tentang berfikir komputasional dalam bentuk soal menarik yang terdapat konsep matematika dan informasi tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menganalisis Pengembangan Instrumen Tes Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar Melalui Analisis Rasch Model. Metode penelitian yang digunakan yaitu PendekatanĀ  Kuantitatif dengan metode DBR (Design-Based Research). Penelitian dilakukan di SDN 1 Sindangkasih. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Sindangkasih sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data melalui Rasch Model. Hasil dari analisis Rasch ModelĀ  menunjukkan bahwa tiap item soal dalam instrumen penilaian Computational Thinking telah bagus menurut tingkat kesukarannya namun terlalu sulit bagi siswa, tetapi masih bisa di terima oleh siswa; dan setiap item soal dalam instrumen tidak mengalami bias gender. Tingkat reliabilitas item dan reliabilitas person dalam instrumen penilaian computational thinking berada dalam kategori baik dan lemah..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...