Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2023): Science Biology, Education, Conservation, Ecology

HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TINAMBUNG

M. Irfan (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat)
Phika Ainnadya Hasan (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat)
Agustina Basri (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Pemberian tugas secara terstruktur merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru agar motivasi belajar semakin baik. Guru memberikan tugas kepada peserta didik dan dikerjakan baik di sekolah atau di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian tugas terstruktur terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII MIA pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah paradigma sederhana dengan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 peserta didik yang diambil dari masing-masing perwakilan kelas. Data pemberian tugas terstruktur dikumpulkan melalui dokumentasi, sedangkan data motivasi belajar peserta didik diperoleh dari angket motivasi belajar. Data penelitian diolah dengan menggunakan analisis correlation product moment pada program SPSS versi 25. Hasil penelitian diperoleh tidak terdapat hubungan signifikan antara pemberian tugas terstruktur terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XII MIA pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tinambung dengan nilai rhitung (0,100) < rtabel (0,279).Kata Kunci: Hubungan, Motivasi Belajar, Tugas Terstruktur

Copyrights © 2023