Jurnal Kesmas Prima Indonesia
Vol. 6 No. 2 (2022): Edisi Juli

Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam

Eka Lolita Eliyanti Pakpahan (Universitas Prima Indonesia)
Abdul Wahab (Unknown)
Claudia Debora (universitas prima indonesia)
Alwan Muhajid Hasibuan (universitas prima indonesia)
Elsa Sinaga (universitas prima indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Pelayanan rumah sakit merupakan kebutuhan masyarakat yang perlu ditingkatkan sehingga dapat memuaskan pasien dan pengunjung. Kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Royal Prima Medan khususnya di ruangan poliklinik penyakit dalam pada bulan juni-juli 2021 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam di rumah sakit Royal Prima Medan. Jenis penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel 96 responden dengan pengambilan sampel secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Chi-squre. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan bukti fisik dan kehandalan terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam dan ada hubungan daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam. Diharapkan bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan pelayanan dan prasarana didalam lingkungan rumah sakit dan mampu mempertahankan kualitas daya tanggap, jaminan dan empati.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesmas Prima Indonesia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan frekuensi penerbitan dua kali setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ini memuat naskah penelitian dan naskah studi literatur di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat yang meliputi ...