Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola

Muhammad Wahyudi (Universitas PGRI Palembang)
M. Taheri Akhbar (Universitas PGRI Palembang)
Daryono Daryono (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola dengan penerapan model pembelajaran demonstrasi pada siswa. Metode penetian yang digunakan adalah (PTK). Penelitian Tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam suatu kelas bersama. Peneliti menggunakan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang akan dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data siklus I hasil 34 siswa yang tidak tuntas dengan nilai terkecil 32 dari 36 jumlah siswa. Pada siklus II hasil 32 siswa yang tuntas dengan nilai terbesar 100 dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan nilai terkecil 61,75 dari 36 jumlah siswa. Berdasarkan perolehan data tersebut, hasil belajar permainan sepak bola dengan menngunakan metode demonstrasi telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 65 mata pelajaran penjas di kelas X IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...