Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2021): Juli

Manfaatan Media Internet dalam Pembelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Linggarsari 1 Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang

Nur Fitria Reza (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Acep Nurlaili (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sayan Suryana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Saat ini adanya Covid-19 membuat proses pembelajaran  mengalami perubahan dengan mengganti tatap muka menjadi pembelajaran daring terutama pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat media internet dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar pada masa pandemi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapat menunjukkan : (1) Dalam proses pembelajaran PAI di SDN Linggarsari 1 dengan adanya media internet sangat membantu dan mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, adapun manfaat media internet dalam pembelajaran PAI antara lain (a) Mencari materi yang menarik seperti di Youtube, Al-Qur;an digital, dan google; (b) Media tempat berdiskusi dan bertukar informasi melalui media sosial ; (c) Membantu jalannya belajar mengajar; (d) Internet dapat dijangkau oleh siapapun. Walaupun dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI menggunakan media Internet di masa pandemi Covid-19 yaitu : Faktor pendukung antara lain : (a) Kegiatan pembelajaran daring ini dilaksanakan oleh seluruh sekolah; (b) Tersedia akses internet pada setiap sekolah; (c) Dukungan pemerintah pemberian kuota dan pulsa; (d) media internet dapat dijangkau oleh siapapun. Sedangkan faktor penghambat antara lain: (a) Lemahnya kekuatan signal; (b) Masyarakat kurang menguasai dalam mengoprasikan Handphone atau internet; (c) Bnayak siswa yang bolos (main game online); (d) Sulitnya mengevaluasi materi hafalan dan praktek dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...