Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 3 (2021): November

Survey Gaya Mengajar Teknologis dalam Pembelajaran Matematika Di SD Gugus 1 Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021

Lisyana Alyanthi (Universitas Mataram)
Asrin Asrin (Universitas Mataram)
Muhammad Turmuzi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan gaya mengajar teknologis dalam pembelajaran matematika di SD Gugus 1 Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian berupa survey. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus 1 Sekarbela yang terbagi menjadi lima sekolah yaitu, SDN 35 Ampenan, SDN 37 Ampenan, SDN 38 Ampenan, SDN 45 Ampenan dan SDN 48 Ampenan. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang, sedangkan sampel berjumlah 41orang. Subjek dari penelitian ini ialah guru kelas 1-6 yang tersebar dari sekolah terdapat dalam SD Gugus 1 Sekarbela. Pada pengumpulan data, peneliti mengunakan angket (questioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptitf kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah keterlaksanaan indikator bahan pelajaran dengan persentase 62,42%, keterlaksanaan indikator proses penyampaian materi dengan persentase 73,02%, keterlaksanaan indikator peran peserta didik dengan persentase 72,87% dan keterlaksanaan indikator indikator peran guru dengan persentase 79,07%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan gaya mengajar teknologis dalam pembelajaran matematika di SD Gugus 1 Sekarbela berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...