Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2021): Desember

Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siwa Kelas IV SDN Gugus IV Praya

Ria Rezki Wulandari (Universitas Mataram)
Ida Bagus Kade Gunayasa (Universitas Mataram)
Abdul Kadir Jaelani (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada aspek pehamanan terhadap teks adalah metode SQ3R. SQ3R  merupakan metode yang memudahkan pembaca untuk fokus menemukan gagasan utama dan menggali informasi dari teks bacaan secara efektif. Dengan menggunakan metode SQ3R peserta didik akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca kritis siswa yang dilaksanakan di SDN Gugus IV Praya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan bentuk atau tipe desain non-equivalent control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  t hitung = 0,13<0,05 tabel pada taraf signifikan 5%, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca kritis siswa. Oleh karena itu, metode SQ3R ini layak digunakan dalam proses pembelajaran karena mampu melatih keterampilan membaca kritis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...