Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2021): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022

Ratniah Saputri (Universitas Mataram)
Darmiany Darmiany (Universitas Mataram)
Khairun Nisa (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inside outside circle (IOC) terhadap hasil belajar pada muatan materi IPS siswa kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan bentuk/tipe Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah tipe Non Equivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol (pembanding). Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC). Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dan hanya menggunakan model pembelajaran kovensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPPS 16 nilai thitung ≥ ttabel, yaitu 2.653 lebih besar dari 2.039 pada taraf signifikan 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang sudah ditetapkan, yaitu thitung  ≥  ttabel  maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)  terhadap hasil belajar pada muatan materi IPS siswa kelas IV SDN Kidang Kecamatan Praya Timur tahun pelajaran 2021/2022.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...