Berpikir secara kreatif sangatlah penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran fisika, berbagai permasalahan dalam kehidupan memerlukan banyak solusi untuk menyelesaikannya. Agar dapat menemukan solusi-solusi tersebut, seseorang harus mampu berpikir secara kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran fisika berbasis model generatif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi gelombang mekanik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research & Development (R&D) sesuai desain pengembangan dari 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, & disseminate. Penelitian ini dilakukan hingga validasi pada tahap develop. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator ahli dan 2 orang validator praktis. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid dan reliabel sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun untuk mengetahui manfaat ataupun keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan perlu dilakukan uji coba.
Copyrights © 2022