Konstruktivisme adalah teori belajar yang mempersepsikan belajar sebagai proses membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman. Masalah sulitnya menerjemahkan teori pembelajaran ini ke dalam praktik belajar mengajar telah menjadi perdebatan di kalangan peneliti pendidikan. Menurut pandangan konstruktivis, belajar adalah proses pemecahan masalah dengan cara yang tepat. Pembinaan ini harus dilakukan oleh siswa sebagai pembelajar. Siswa harus terlibat aktif, berpikir aktif, menyusun dan memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari. Pendekatan konstruktivis menekankan bahwa peran utama dalam kegiatan pembelajaran adalah aktivitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mewujudkan pengalaman belajar siswa adalah realistic mathematics education (RME). Pendekatan pembelajaran RME dapat membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran sebelumnya, dan melatih siswa dalam belajar menemukan konsep melalui eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran RME mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Copyrights © 2022