Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2b (2022): Juni

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Baiq Melsandy Ichtiari (Universitas Mataram)
Ni Nyoman Sri Putu Verawati (Universitas Mataram)
Jannatin ‘Ardhuha (Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model cooperative tipe think talk write dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan instrumen tes penguasaan konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan alat evaluasi berupa pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep. Data dianalisis dengan menntukan nilai rata-rata akhir (NA) dari validator. NA Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 3,41 yang termasuk kategori sangat valid dan NA bahan ajar sebesar 3,41 dengan kategori sangat valid, NA Lembar KerjaPeserta Didik (LKPD) sebesar 3,45 dengan kategori sangat valid, NA kemampuan berpikir kreatif sebesar 3,66 dengan kategori sangat valid, dan NA penguasaan konsep 3,65 dengan kategori sangat valid. Reliabilitas RPP,bahan ajar, LKPD, kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep diatas 75% menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kategori reliabel. Nilai N-gain untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,38 dengan kategori sedang, dan N-gain penguasaan konsep sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dari segi isi dan konstruksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...