Penelitian pengembangan ini bertujuan mendesain dan mengembangkan perangkat pembelajaran model guided inquiry berbantuan simulasi PhET yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi usaha dan energi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tes penguasaan konsep. Subjek penelitian 30 orang peserta didik. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D), dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiangaraja (1974). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik dan lembar pretest dan postest instrumen tes penguasaan konsep. Hasil analisis menunjukkan perangkat pembelajaran layak dengan kategori valid dan sangat valid, dengan persentase rata-rata 65,00% dan 93,35% serta reliabel dengan persentase 93,80%. Hasil analisis angket respon guru dan peserta didik secara berturut-turut sebesar 90,30% dan 81,73% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji N-gain penguasaan konsep sebesar 56,00% dengan kategori sedang dan termasuk kriteria cukup efektif. Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model guided inquiry berbantuan simulasi PhET yang di desain dan dikembangkan layak, praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.
Copyrights © 2022