Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTEKSTUAL

Suka, Ramlan Gt (Unknown)
Hasyim, Adelina (Unknown)
Sukirlan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2015

Abstract

This study aims to: (1) develop and improve the lesson planning, (2) describe the implementation strategy of teaching paragraph writing, (3) describe how to evaluate learning to write a paragraph, (4) describe the increase the score of the paragraph writing skills of students through contextual approach.The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles.The conclusion of this study are: (1) the lesson planning was developed through contextual approach, (2) the observation of the lecturer on the A2 class cycles 1, 2, and 3 are 1248 (enough), 1294 (enough), 1545 (good) and B2class are 1214 (enough), 1300 (enough), 1558 (good). A2 class students’ activities cycles 1, 2 and 3 are 9 (45%), 11 (55%), 20 (100%), B2 class are 8 (40% ), 12 (60%), 20 (100%).Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun dan memperbaiki perencanaan pembelajaran (2) mendeskripsikan strategi pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf, (3) mendeskripsikan cara mengevaluasi pembelajaran menulis paragraf, (4) mendeskripsikan peningkatan nilai keterampilan menulis paragraf mahasiswa melalui pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 3 siklus.Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Satuan Acara Perkuliahan (SAP) disusun melalui pendekatan kontekstual, (2) pengamatan terhadap dosen pada kelas A2 siklus 1, 2, dan 3 adalah 1248 (cukup), 1294 (cukup), 1545 (baik) dan kelas B2 adalah 1214 (cukup), 1300 (cukup), 1558 (baik). Aktivitas mahasiswa kelas A2 siklus 1, 2 dan 3 adalah 9 (45%), 11 (55%), 20 (100%), kelas B2 adalah 8 (40%), 12 (60%), 20 (100%).Kata Kunci: bahasa Inggris, menulis paragraph, prestasi belajar,

Copyrights © 2015