Pembelajaran fisika mempelajari fenomena alam melalui proses atau kegiatan ilmiah untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Salah satu upayanya adalah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu produk berupa perangkat pembelajaran berbasis proyek yang valid untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen lembar observasi. Materi yang digunakan Hukum Newton tentang Gerak. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4D (define, design, develop, and disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Validitas produk dinilai oleh enam orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid. Nilai silabus sebesar 86%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan nilai sebesar 84%, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 86%, dan instrumen lembar observasi sebesar 85%. Dari interpretasi data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek sangat valid untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.Â
Copyrights © 2022