Kemampuan Literasi Sains (KLS) merupakan salah satu kompetensi yang dipriotitaskan dalam pembelajaran abad ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan KLS siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V pada pembelajaran Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 21 Ampenan dengan jumlah responden 31 siswa. Data KLS di kumpulkan menggunakan instrument tes literasi sains dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa presentase dan penjelasan secara kualitatif. KLS siswa SDN 21 Ampenan yang dianalisis terdiri dari tiga katagori diantaranya: katagori tinggi, katagor sedang dan katagori rendah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat KLS siswa SDN 21 Ampenen secara keseluruhan berada pada katagori rendah dengan persentase sebesar 45,16 %, selanjutnya katagori sedang sebesar 35,48 % dan presentase terendah pada katagori tinggi hanya 19,35 %. Adapun hasil analisis tiap indikator di peroleh rata-rata kemampuan literasi sains pada indikator kemampuan menjelaskan fakta ilmiah berada pada kategori sedang, indicator kemampuan merancang dan mengevaluasi percobaan ilmiah berada pada kategori rendah dan terakhir indikator kemampuan menafsirkan data dan bukti ilmiah berada pada kategori sedang. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan rata-rata tingkat KLS Siswa kelas V SDN 21 Ampenan berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2022