JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 9, No 1 (2023)

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis React

Suji, Nurmauliddina (Unknown)
Anggraini, Sinta Dea (Unknown)
Zahari, Cut Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perkembangan kemampuan komunikasi matematis dan Self - Efficacy pada siswa sekolah menengah dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis REACT. Siswa sekolah menengah belajar dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode semi empiris dengan rancangan kelompok kontrol sebelum dan sesudah pengujian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Sampel penelitian dipilih menurut dua jenis: tipe eksperimen dan tipe kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling; H. pengambilan sampel yang bertujuan. Data yang diperoleh adalah hasil pre-test, post-test, angket Self - Efficacy dan panel observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan efikasi diri siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT dan metode pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT hukum ilmiah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...