Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Iin Nursabiela Rosadha Putri (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ahmad Yulianto (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Syams Kusumaningrum (Prodi PGSD Univeristas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya yang berjumlah 16 peserta didik teknik pengambilan sampel menggunkan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data pada Uji normalitas Shapiro Wilk diketahui bahwa pretest 0,015 > 0,05 dan posttest 0,097 > 0,05. Dengan ketentuan pembagian skor N-Gain, diketahui bahwa 8 peserta didik termasuk kategori tinggi dan 8 peserta didik termasuk kategori sedang, dan rata-rata N-Gain diperoleh nilai yaitu 69,41 yang mana nilai tersebut berada diantara rentang nilai 56-76 maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R cukup efektif. Hasil uji paired T-tes diperoleh yaitu 0,001 yang mana nilai sig adalah <0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Inpres 135 Hasik Jaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...