Nobel Management Review
Vol 3 No 4 (2022): Nobel Management Review

ANALISIS PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA APLIKASI SHOPEE DI KOTA MAKASSAR

Sumaryadi Sabil (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Muhammad Hidayat (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Asri Asri (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung antara konten media sosial dan inovasi layanan terhadap keputusan pembelian melalui lifestyle sebagai variabel intervening pada aplikasi Shopee di Kota Makassar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni pengguna aplikasi Shopee di Kota Makassar sebanyak 170 orang, penentuan ukuran sampel berdasarkan rumus Hair dimana besaran sampel adalah 5-10 kali dari jumlah indikator. Penelitian ini menggunakan 17 indikator dikali 10 sehingga jumlah sampel menjadi 170. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konten media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (2) Inovasi layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) Lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) Konten media sosial tidak berpengaruh terhadap lifestyle (5) Inovasi layanan berpengaruh terhadap lifestyle (6) Konten media sosial melalui lifestyle tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (7) Inovasi layanan melalui lifestyle berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Makassar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...