Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran dan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam melayani pembuatan Akta Kelahiran. Adapun teori yang digunakan memakai teori pelayanan oleh Zeithhaml-Parasurman-Berry, selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian yaitu penelitian survey. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, dilakukan dengan teknik kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah pegawai yang berjumah 10 orang dan masyarakat yang sedang mengurus Akta Kelahiran berjumlah 20 orang . Penelitian ini menunjukkan dengan inidalam pelaksanaan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi terhadap pengurusan Akta Kelahiran adalah kinerja pegawai yang dirasa masih kurang dan sarana dan prasarana yang tidak memadai. Saran dari penulis yaitu untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat harus adanya tingkat kedisiplinan yang tinggi agar nantinya dapat tercipta pemberian pelayanan yang efektif dan efesien. Sehingga pengguna layanan akan merasa di hargai sebagai penguna jasa pelayana Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Pelayanan, Sipil dan Kependudukan
Copyrights © 2023