Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kepala sekolah memberdayakan guru di SD Al Hidayah Medan, untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah dalam memberdayakan guru di SD Al Hidayah Medan dan untuk mengetahui dampak pemberdayaan guru yang dilakukan kepala sekolah di SD Al Hidayah Medan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Seperti Moelong (2012:4) metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data merupakan langkah yang harus dilakukan dalam setiap penelitian kualitatif, karena desain penelitian dengan pendekatan ini memerlukan perhatian dan tingkat kejelian dalam menemukan masalah dan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SD Al Hidayah Medan menerapkan kepemimpinan partisipatif yaitu demokratis dalam kinerjanya, kepala sekolah bersama dengan bawahannya dan juga bertukar pikiran atau usulan mengenai pengembangan lembaga pendidikan, dalam pola kepemimpinannya selalu mengikutsertakan bawahannya. Melalui observasi dapat diketahui bahwa pola kepemimpinan partisipatif yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Al Hidayah Medan adalah terbuka, mencari pendapat dari pihak yang lebih menentukan ketika situasi tidak memungkinkan, bekerja aktif, melibatkan bawahan dalam mencari solusi dan memberikan pendapat. untuk pengembangan lembaga. Kepala sekolah selalu mengikuti kebijakan dinas pendidikan, selalu pro aktif dalam keterlibatan kelembagaan, mengikutsertakan guru dalam berbagai pelatihan MGMP. Kepala sekolah juga mengikuti pelatihan MKKS. Dalam memimpin kepala sekolah bersifat partisipatif terhadap seluruh bawahannya. Serta melakukan pengawasan setiap 2 bulan sekali.
Copyrights © 2023