MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Profil Self-Confidence Siswa Kelas IX dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Guided Discovery Learning

Latifa Nur Aini (Universitas Tidar)
Meili Ekawati (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Proses pembelajaran matematika masih menemui banyak kendala dalam pelaksanaannya. Belajar matematika memerlukan kesiapan diri untuk mendukung adanya interaksi secara langsung, baik siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun siswa dengan pembelajaran. Interaksi yang terjadi dalam pembelajaran merujuk pada bagaimana siswa mengekspresikan kepercayaan diri atau self-confidence yang dimiliki terhadap situasi yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberi gambaran bagaimana profil dan kriteria self-confidence siswa dalam menghadapi pembelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat melalui penerapan model guided discovery learning. Pendekatan deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini untuk menggambarkan profil self-confidence siswa. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yaitu siswa kelas IX A SMPN 1 Tempuran sebanyak 25 subjek. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Observasi dilakukan ketika pembelajaran matematika berlangsung pada materi fungsi kuadrat yang dilaksanakan melalui model pembelajaran guided discovery learning. Pemberian angket dilakukan pada pertemuan keempat pembelajaran fungsi kuadrat. Sedangkan dokumentasi berasal dari lembar aktivitas siswa dan LKPD yang telah disiapkan sebagai perangkat pembelajaran dalam penerapan model guided discovery learning pada pembelajaran fungsi kuadrat. Data dalam penelitian adalah berupa tabel skor dan kriteria self-confidence siswa yang diperoleh selama pembelajaran dan penelitian berlangsung. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa melalui penerapan model guided discovery learning siswa kelas IX memiliki tingkat self-confidence yang tergolong tinggi dengan rata-rata skor akhir sebesar 76,31.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...