Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran maharoh qiro’ah dengan model pembelajaran tutor sebaya di MTs Fatahillah dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran maharoh qiroah dengan dengan model pembelajaran tutor sebaya di MTs Fatahillah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Langkah-langkah pembelajaran keterampilan membaca dengan cara mengajar dengan teman sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Fattallah meliputi: penyampaian langkah-langkah, tujuan, sampai penyampaian kesimpulan. 2. Faktor pendukung dalam mengajarkan keterampilan membaca dengan cara mengajar dengan teman sebaya di Madrasah Ibtidaiyah Fattallah antara lain: interaksi antara siswi dengan guru, minat dan kenyamanan siswa. Faktor penghambat dalam mengajarkan keterampilan membaca secara peer-education di SMP Islam Fattallah antara lain: Kurangnya kemauan teman sebaya dalam menyerahkan materi, kurang sarana dan prasarana pendukung di kelas, guru dan teman sebaya kurang tegas dalam mengajar, perempuan siswa takut dan malu untuk bertanya.
Copyrights © 2023