Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 10 No. 1 (2023): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Analisis Kesalahan Pola Kalimat Pada Pembelajaran Daring Di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta

Yeni Rahmawati (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)
Anggit Tiyas Fitra Romadani (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitiaan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan pola kalimat pada pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, merekam, dan menganalisis data.  Pengambilan data ini dilakukan dengan pembelajaran menggunakan Zoom. Hal ini disebabkan pengambilan data dilakukan pada saat pembelajaran daring. Teknik analisis penelitian ini disesuaikan dengan data yang ada. Dalam penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah banyak terdapat kesalahan pola kalimat. Kesalahan pola kalimat yang paling banyak adalah pola P sebanyak 8, kedua pola S-K sebanyak 3, urutan ketiga pola K-S, P-S1-S2, P-K, dan S masing-masing sebanyak 2, urutan keempat pola P1-P2-S, P-kata tanya, Kata tanya-P, K-kata tanya-K, P-K-S, P-kata tanya-K, P1-S2-P1-S2, S1-S2-P-Pelengkap, S1-S2, S-P1-kata tanya-P2, S1-S2-K-P, S-K-P-Pelengkap, K, Kata tunjuk-S, Kata tanya-S, dan P-O-S masing-masing sebanyak 1. Analisis pola kalimat yang sering muncul pada penelitian di atas adalah pola Predikat (P) karena lebih mudah diucapkan.    

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...