Smart-OPAC merupakan salah satu layanan unggulan Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang didisain untuk memudahkan pemustaka dalam penelusuran informasi yang dapat diakses melalui jaringaninternet yang terdapat pada perangkat komputer dan Smartphone. Layanan ini meliputi penelusuran informasi koleksi, riwayat peminjamandan pengembalian serta perpanjangan peminjaman koleksi secara online. Disamping murah, layanan ini juga memudahkan pemustaka dalam penelusuran informasi secara cepat, dimanapun dan kapanpun tanpa harus mengunjungi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan harapan pemustaka terhadap layanan Smart-OPAC di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang telah mengikuti sosialisai layanan Smart-OPAC yang berjumlah sekitar 280 orang. Jumlah sampel sebanyak 80 orang ditentukan dengan rumus Slovin dengan asumsi batas toleransi kesalahan sebesar 9,5%. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling aksidental. Hasilnya menunjukan kecenderungan positif kepuasan pemustaka terhadap hadirnya layanan Smart-OPAC di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan diharapkan layanan tersebut bisa diperluas lagi cakupannya.
Copyrights © 2018